desa tetebatu lombok 1

Desa Wisata Tetebatu

 
0.0 (0)
15 0 4 0
desa tetebatu lombok 3

Lokasi

Kota/Kabupaten
Kode Pos
83662

Informasi

Fasilitas
  • Homestay
  • Musholah
  • Rumah Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet

Desa Wisata Tetebatu yang berada di Lombok Timur, merupakan desa wisata yang sangat memukau bagi sobat traveler yang berkunjung kesana. Desa yang berada di kaki Gunung Rinjani ini menyajikan suasana asri dan alami.

Meskipun destinasi wisata ini masih belum terlalu popular di kalangan wisatawan dalam negeri, akan tetai pesona alam yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya di Lombok. Desa Tetebatu ini identik dengan daerah persawahan dan pagi yang menghampar luas sejauh mata memandang.

Meski demikian aktivitas para petani ini mampu menarik wisatawan asing yang berkunjung ke desa ini. Hal tersebut karena kegiatan menanam padi hingga panen ini sangat jarang dilihat oleh para wisatawan yang berasal dari barat.

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di Tetebatu yaitu melakukan trekking untuk mengunjungi air terjun yang terkenal di Taman Wisata Tetebatu, yaitu Air Terjun Jukut. Untuk dapat menempuh lokasi air tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jasa guide sebagai pendamping dengan biaya sekitar Rp 150.000,- per guide.

Cara menuju ke Tetebatu

Destinasi wisata Tetebatu Lombok Timur berada jauh dari pusat Kota Mataram ataupun Bandara Internasional Lombok. Untuk ke lokasi sobat traveler harus menempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Mataram ataupun 2 jam dari Bandara Internasional Lombok. Terdapat dua pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan wisata ke Tetebatu, yaitu dengan menggunakan transportasi umum dan menggunakan kendaraan sewaan.

Jika melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum, perlu diketahui jika tidak terdapat transportasi umum yang langsung menuju ke arah Tetebatu. Hal pertama yang dilakukan yaitu menuju ke Terminal Mandalika untuk menaiki kendaraan yang bertujuan ke Lombok Timur atau Sumbawa dengan penurunan di daerah Pomotong.

Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki transportasi ini kisaran Rp 20.000,- per orang. Kemudian setelah sampai di daerah Pomotong perjalanan dilanjutkan langsung menuju ke Tetebatu dengan menggunakan ojek dengan biaya sekitar Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung pada proses tawar-menawarnya.

Pilihan lainnya yaitu melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sewa dengan pengeluaran yang cenderung lebih mahal. Meskipun demikian, dengan menggunakan kendaraan sewa, perjalanan yang dilakukan menjadi relatif lebih cepat dan tenang karena sesuai dengan yang kemauan pribadi wisatawan.

Tidak terdapat tiket masuk untuk memasuki daerah desa Tetebatu, akan tetapi tiket masuk dikenakan ketika mengunjungi objek wisata yang berada di dalamnya seperti air terjun dan yang lainnya. Selain itu, biaya masuk untuk desa wisata ini masih sangat objektif karena pengelolaan desa wisata ini masih dilakukan oleh pelaku-pelaku wisata.

Fasilitas yang ada di dalamnya

Fasilitas yang terdapat di wisata Tetebatu Lombok Timur ini masih cenderung sedikit meskipun telah terdapat beberapa penyedia jasa penginapan di dalamnya. Biaya sewa penginapan per malam di Tetebatu terbilang mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 650.000,- tergantung dari fasilitas, lokasi dan kenyaman yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

Selain jasa penginapan, masih sedikit fasilitas yang dapat ditawarkan. Hal ini dikarenakan hingga saat ini pengelolaan desa wisata Tetebatu Lombok Timur ini masih hanya dilakukan oleh pelaku wisata di dalamnya.

Photos

desa tetebatu lombok
desa tetebatu lombok 2

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu