kertalangu 1

Kertalangu

 
0.0 (0)
141 0 3 0

Informasi

Fasilitas
  • Outbound
  • Rumah Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet

Desa wisata yang terkenal yang menarik selanjutnya adalah Desa Budaya Kertalangu yang berada di kota Denpasar berlamatkan di jalan By Pass Ngurah Rai no. 88 Kesiman Kertalangu Denpasar. Untuk jam buka desa wisata kertalangu mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00 Wita.

Adapun daya tarik desa wisata di denpasar yang memiliki luar arel sekitar 80 hektar ini menawarkan keunikan perkebunan dan persawahan yang masih hijau. Desa Wisata Kertalangu Kota Denpasar ini resmi di buka pada tahun 2005 dan biaya masuknya Rp. 10.000/orang saat weekday dan weekend.

Zona Jongging Track Desa Budaya Kertalangu memiliki areal jogging track sepanjang 4 km yang berupa jalur semen sepanjang 2 m. Untuk jogging biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari agar matahari tidak terlalu menyengat. Menyusuri areal jongging areal sepanjang 4 km yang dapat ditempuh selama satu jam tergolong melelahkan namun semua itu tidak akan terasa karena mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan sawah dan alam yang masih asli.

Zona Kolam Pancing Desa Budaya Kertalangu memiliki areal kolam pancing khusus pengunjung yang menyalurkan hobinya dan melepas lelah sambil bersantai bersama keluarga. Biaya sewa pancing Rp. 10.000, pengunjung juga dapat membawa pancing sendiri. Untuk harga ikan yang kita peroleh dihargai Rp. 20.000-Rp. 30.000 per kg sesuai dengan jenis ikannya. Ikan yang pengunjung dapatkan dapat langsung disantap di lokasi.

Zona Industri dan Kerajinan Zona industri dan kerajinan yang dimiliki Desa Budaya Kertalangu sangat beragam yaitu kerajinan tangan membuat keramik, lilin, gelas, garmen, batu dan produk kaca. Pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan sampai semua kerajinan itu selesai. Selain itu juga terdapat kerajinan pembuatan aneka patung dari batu paras serta pembuatan gentong taman dari tanah liat. Ada pula pengerjaan ukiran rumah khas Bali yang akan diekspor nantinya.

2) Potensi Non Fisik

Zona Pementasan Atraksi Seni dan Budaya Untuk pementasan atraksi seni dan budaya terdapat sebuah panggung khusus. Atraksi seni dan budaya yang dipentaskan di Desa Budaya Kertalangu adalah Tari Kecak, Tari Barong, dan Joged Bumbung. Seluruh penari dan penabuhnya diambil dari masyarakat setempat dan keluarganya. Jadwal pementasannya tergantung pesanan pengunjung atau booking terlebih dahulu minimal 40 orang. Untuk pementasan Tari Kecak dimulai pada Pukul 18.00 Wita durasinya ±45 menit dan untuk pementasan Tari Barong dimulai pada Pukul 09.00 Wita durasinya juga ±45 menit.

Zona Outbound Zona outbound yang dimiliki adalah areal persawahan yang masyarakat punya. Kegiatan outbound yang akan dilakukan oleh pengunjung adalah menanam padi dan menangkap belut. Untuk menanam padi para wisatawan akan diajak dan diajarkan bagaimana cara menanam padi yang baik dan benar oleh petani dari masyarakat setempat. Kegiatan menangkap belut juga akan diajarkan oleh petani setempat. Kegiatan outbound tersebut dilakukan pada pagi hari agar tidak panas dan wisatawan harus memesannya terlebih dahulu.

Zona Berkuda Desa Budaya menawarkan bagi wisatawan yang ingin berkuda sambil berkeliling menyusuri kawasan ini, sehingga dapat menikmati semua pemandangan yang ada. Wisatawan akan ditemani oleh instruktur terlatih di bidangnya jadi tidak perlu khawatir jika ada yang belum pernah berkuda sekalipun.

Zona Pelatihan Spa Zona pelatihan spa Desa Budaya Kertalangu menawarkan pengunjung bagaimana cara membuat sabun dan produk spa yang baik dan benar sesuai dengan takaran yang ada. Pengunjung akan diberi pelatihan oleh instruktur spa yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Zona Wisata Kuliner Terdapat areal khusus di sekitar Desa Budaya Kertalangu yang menawarkan wisata kuliner dari makanan khas Bali, jajanan khas Bali, minuman khas Bali, dan berbagai makanan lainnya. Makanan khas Bali yang ditawarkan ada berbagai macam seperti sate lilit, tipat plecing, rujak kuah pindang, plecing kangkung , dan lain-lain. Untuk minuman khas bali seperti Loloh kayu manis, rujak tibah(Buah Mengkudu) dan lain-lain.

Jajanan yang terdapat adalah klepon, sumping, bantal dan lain-lain. Semua pedagang yang berjualan berasal dari masyarakat setempat dan beberapa daerah Bali yang sudah memiliki nama. Selain itu harga makanan dan minuman sangat terjangkau tidak lebih dari Rp 10.000, wisatawan dapat duduk di bale bengong sambil menikmati menu dengan ditemani pemandangan alam yang menyejukkan. Para pedagang tersebut berjualan pada pagi dan sore hari, khusus setiap hari minggu mereka buka dari pagi sampai sore karena pihak pengelola mengadakan kegiatan pasar organik.

Adapun fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Desa Budaya Kertalangu Desa Budaya Kertalangu Kesiaman adalah sebagai berikut :

1) Areal Parkir dan Pos Parkir

Luas areal parkir yang dilmiliki oleh Desa Budaya Kertalangu cukup luas untuk menampung kendaraan bermotor dan mobil dari pengunjung. Areal parkir ini memiliki alas batu kali yang ditaruk begitu saja, namun belum semua terisi dengan baik. Sehingga pada saat hujan areal parkir sedikit becek dan air menggenang. Untuk atap parkir menggunakan pepohonan jadi walaupun cukup sejuk tapi pepohonan yang ada belum mencukupi. Pembatas areal parkir dan kawasan Desa Budaya Kertalangu adalah pepohonan yang cukup tinggi.

Lokasi areal parkir terdapat di depan pintu masuk utama menuju Desa Budaya Kertalangu. Tempat Pos parkir ini hanya berbentuk sebuah bangunan kecil beratap berukuran 2×2 meter dan hanya cukup untuk seorang penjaga parkir saja.

2) Toilet

Toilet yang dimiliki Desa Budaya Kertalangu terdapat dua buah yang berada di tengah kawasan. Lokasinya juga strategis berdekatan dengan areal kolam pancing, sehngga jika ada wisatawan sedang memancing yang ingin ke toilet tidak bingung mencarinya.

3) Tempat Sampah

Kebersihan lingkungan sekitar merupakan salah satu faktor terciptanya kenyamanan para pengunjung, sehingga betah berkunjung dan dalam hal ini pengunjung yang dimaksud adalah wisatawan yang datang ke Desa Budaya Kertalangu. Pihak pengelola untuk mengantisipasi tersebut menyiapkan tempat sampah tiga buah semua berada dalam areal Desa Budaya Kertalangu.

4) Tempat Pementasan

Dalam kawasan Desa Budaya Kertalangu terdapat sebuah panggung khusus yang cukup besar. Biasanya digunakan sebagai tempat pementasan Tari Barong, Tari Kecak, dan event tergantung adanya pesanan dari wisatawan terlebih dahulu.

5) Restoran

Untuk memanjakan wisatawan yang ingin berkunjung sambil makan pagi dan siang ke Desa Budaya Kertalangu pihak pengelola menyediakan sebuah restoran yang bernama Venue Restaurant. Disini wisatawan dapat memesan sesuai keinginan terdapat makanan khas Bali dan Indonesia yang disesuaikan dengan lidah wisatawan.

6) Bale Bengong

Pihak pengelola Desa Budaya Kertalangu menyediakan sebuah bangunan yang cukup teduh dan khas bangunan Bali yang biasa disebut Bale Bengong. Terdapat dua buah Bale Bengong semua berada disamping kolam pancing, bale bengong tersebut disediakan, untuk wisatawan yang ingin bersantai bersama kelaurga atau rombongan sambil menikmati hasil tangkapan ikan yang diperoleh pada saat memancing disana.

Photos

kertalangu 2
kertalangu

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu