Curug Cipendok, Kesegaran Air Terjun Di Purwokerto

Pejalan
Updated 10 September 2021

Curug Cipendok merupakan salah satu kekayaan alam bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Purwokerto. Meski di Indonesia kaya dengan penggunungan yang hijau dan memiliki ribuan air terjun yang menawan, namun Curug Cipendok menjadi salah satu yang direkomendasikan buat traveling.

Buat kamu yang tengah menghabiskan waktu di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, maka menikmati kesegaran air terjun Curug Cipendok menjadi suatu yang wajib. Pemandangan yang indah dengan suasana yang asri menjadikan curug Cipendok alternatif liburan di masa pandemi.

Curug Cipendok merupakan destinasi wisata alam yang sangat cocok buat kamu yang suka dengan petualangan. Air terjun dengan ketinggian hampir 100 meter ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Derasnya air yang mengalir dan tingginya air terjun Curug Cipendok ini membuat pengunjung akan merasakan hempasan butiran air seperti embun yang terbawa angin menyambut pengunjung yang akan menikmati airnya.

Ketinggian yang air terjun ini memang bukan saja membuat takjub bagi para pengunjung. Namun ketinggian Curug Cipendok ini menjadi salah satu air terjun yang istimewa. Pasalnya Curug Cipendok menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Sehingga jangan heran jika banyak wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi alam ini ketika masa PPKM berakhir. Kejenuhan masyarakat setelah pembatasan kegiatan akan menjadikan Curug Cipendok sebagai pelampiasan liburan saat PPKM dihilangkan.

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Slamet bagian  Selatan ini memiliki kontur yang menarik. Pasalnya di bawah air terjun terbentuk kolam seperti mangkuk yang memungkinkan pengunjung untuk bermain air disekitarnya.

Dasar air terjun yang seperti mangkuk ini tercipta dari dinding pegunungan yang berada disekitarnya. Seakan kita melihat Curug Cipendok seperti air yang dituang dari teko ke dalam sebuah mangkok. Meski demikian, pengunjung harus tetap hati-hati disekitar lokasi ini.

Suara gemuruh air yang sangat kencang menandakan bahwa aliran air terjun ini sangat deras menjadi irama alam tersendiri yang harmoni dengan pemandangan alam disekitar Curug Cipendok. Sehingga mampu membius wisatawan untuk berlama-lama di lokasi ini.

Lingkungan yang asri dengan dominasi warna hijau ini telah dkelola dengan baik. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Curug Cipendok maka kamu akan melintasi jalan setapak berbatu yang telah disusun sepanjang 500 meter. Sedangkan disekitar terdapat gazebo yang bisa kamu tepati untuk beristirahat saat menuju lokasi air terjun.

Untuk mengunjungi lokasi ini memang sebaiknya di musim panas karena air terlihat jernih. Sebaliknya jika kamu berkunjung pada musim hujan maka sebaiknya pengunjung harus waspada, karena bisa saja terjadi banjir bandang yang membuat debit air semakin tinggi.

Waspada dan hati-hati saat menikmati kesegaran air terjun merupakan poin yang wajib harus diperhatikan. Cuaca alam yang gampang berubah menjadikan kamu harus waspada, apalagi sangat tidak disarankan ketika mendung atau hujan.

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu