Danau Quarry

 
0.0 (0)
25 0 3 0
danau quarry 2
danau quarry
danau quarry 1

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten
Kode Pos
16660

Siapa sangka, Bogor juga memiliki tempat yang pernah dijadikan lahan tambang yang akhirnya membentuk satu danau yang sangat memukau. Lokasinya berada di daerah Rumpin. Tepatnya di desa Kampung Sawah, Rumpin, Kabupaten Bogor. Tempat ini merupakan bekas galian tambang batu yang dulunya digunakan untuk pembuatan beton. Namun karena banyak menuai perdebatan yang berujung protes oleh masyarakat, aktivitas tambang ini akhirnya berhenti.

Berhentinya aktivitas tambang di tempat tersebut membuat galian tambang tak digunakan selama bertahun-tahun. Akibatnya galian menjadi tempat penampungan air hujan. Air hujan yang mengisi galian inilah yang akhirnya membentuk danau buatan secara tidak sengaja. Meski tak sengaja, pesona danau Quarry sangatlah memesona dengan airnya yang berwarna kehijauan.

Pesona Danau Quarry ini nggak bisa diragukan. Soalnya, danau yang memiliki kedalaman air hingga 27 meter ini airnya berwarna kehijauan dengan dikelilingi perbukitan. Kalau kamu ke danau ini, kamu akan melihat betapa tenangnya air danau yang menyatu dengan bukit-bukit cantik di sekelilingnya. Tentunya, kamu juga bisa hunting foto sesukamu di area danau. Tapi ingat, kamu harus tetap berhati-hati agar tidak tergelincir.

Danau ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menemukan spot wisata baru dekat ibukota. Tempatnya yang tidak terlalu jauh bisa jadi alternatif untuk tujuan wisata kamu selanjutnya. Hanya saja, karena Danau Quarry masih terbilang baru sebagai tempat wisata, fasilitas yang ada di tempat ini juga belum lengkap, seperti toilet yang masih belum tersedia.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan perbekalan dan peralatan yang bisa memaksimalkan liburan kamu di Danau Quarry. Meski tersedia beberapa warung-warung kecil, kamu perlu membawa perbekalan lebih. Apalagi kondisi bekas galian tambang ini cukup panas. Kamu juga bisa membawa payung atau mendirikan tenda untuk sekadar tempat berteduh.

Wisata Danau Quarry ini belum dikelola secara resmi, tapi untuk bisa masuk ke kawasan danau ini, kamu perlu bayar uang retribusi sebesar Rp2.000 per orang. Sementara untuk biaya parkirnya sendiri sebesar Rp10.000 untuk sepeda motor. Selain itu, kalau kamu mau menikmati indahnya danau dengan mengelilingi area danau menggunakan perahu bebek, kamu harus membayar Rp10.000 per orang.

Rute Menuju Danau Quarry

Untuk mencapai Danau Quarry, kamu perlu sedikit usaha ekstra karena meski jaraknya dekat dengan Jakarta. Lokasinya masih belum begitu terjamah oleh orang banyak. Kalau kamu dari Jakarta, kamu bisa melalui Prumpung Gunungsindur kemudian mengambil jalan ke arah Rumpin lalu ke Jalan Raya Cicangkal. Dari sana kamu bisa lurus menuju Jalan Raya Parung Panjang dan belok kiri mengikuti jalan Desa Banyuasih. Dari jalan ini kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada atau bertanya ke masyarakat setempat. Perlu diingat, karena kontur jalan bekas pertambangan yang sedikit gersang dengan jalan yang tidak halus dan sempit, kamu harus tetap berhati-hati ya. Mister juga kasih saran lebih baik gunakan roda dua untuk menuju Danau Quarry ini.

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu