danau tolire 4

Danau Tolire

 
0.0 (0)
107 0 4 0
danau tolire 1
danau tolire 1
danau tolire 3

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten

Informasi

Fasilitas
  • Tempat Parkir
  • Musholah
  • Toilet
  • Rumah Makan

Danau Tolire adalah destinasi selanjutnya yang bisa sobat pejalan kunjungi selama berada di Maluku Utara. Danau Tolire ini merupakan wisata unggulan di Pulau Ternate yang terletak 10 km dari pusat Kota mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung.

Danau ini memiliki bentuk yang unik dan cerita legenda yang menarik. Danau Tolire terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Berdasarkan sejarah geologi, terbentuknya Danau Tolire adalah akibat dari letusan freatik yang pernah terjadi daerah ini.

Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri. Danau ini menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau mencapai  sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Sementara kedalaman danau itu sendiri hingga kini tidak diketahui.

Beberapa cerita menarik tentang Danau Tolire menjadi kisah tersendiri, diantaranya cerita pedagang makanan yang mengatakan keunikan melempar batu terjadi ketika seseorang yang melempar batu tak bisa melihat adanya tanda cipratan air ketika batu tersebut menyentuh permukaan air.

Para pengunjung lain pun bisa membuktikan cerita dari masyarakat setempat, bahkan mengakui kebenaran cerita tersebut. Mereka mengaku tak bisa melihat tanda batu tiba di permukaan air ketika mereka usai melempar. Setelah beberapa kali mencoba, tak sekalipun adanya tanda-tanda batu itu telah menyentuh air danau.

Secara alamiah belum bisa dijelaskan bagaimana hal ini terjadi. Besar kemungkinan, hal ini disebabkan dalamnya letak danau dari posisi lemparan seseorang yang membuat lemparan itu kelihatan jauh namun sebenarnya jatuh pada titik terdekat dari pinggiran danau.

Selain sugesti lemparan batu, hal yang tak kalah menarik adalah informasi adanya Buaya Putih di Danau Tolire. Masyarakat sekitar meyakini jika buaya itu merupakan penjaga danau Tolire. Tak seperti cerita mistis lainnya, kata mereka buaya itu bisa dilihat kapan saja jika ia sedang menampakkan diri di permukaan.

Danau Tolire terletak di Desa Takome, kecamatan Pulau Ternate, 20 km dari kota Ternate. Jarak tempuh menuju Danau Tolire bisa dicapai 40 menit menggunakan mobil. Di sekitar Danau kebanggaan masyarakat Ternate ini tersedia aneka makanan yang dijual oleh para pedagang. Setiap pengujung yang datang bisa menikmati kesegaran air kelapa muda untuk sejenak melepas dahaga.

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu