Kebun Binatang Surabaya

 
0.0 (0)
80 0 5 0
kebun binatang surabaya 1
kebun binatang surabaya
kebun binatang surabaya 4
kebun binatang surabaya 2
kebun binatang surabaya 3

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten
Kode Pos
60241,

Informasi

Fasilitas
  • Tempat Parkir
  • Musholah
  • Toilet
  • Rumah Makan

Info Kontak

Nomor Telp.
(031) 5678703

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang ada di Surabaya. bagi traveler yang Ingin mengajak anak-anak ke tempat wisata Surabaya yang edukatif? Kamu dan keluarga bisa mampir ke Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Selain berkesempatan mengenalkan satwa-satwa langka ke anak-anak, kalian pun dapat melarikan diri sejenak dari gerahnya udara Surabaya di siang hari. Apalagi, kegiatan yang bisa dilakukan di sini cukup beragam. Terutama di musim liburan saat KBS sedang menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Awal Berdiri KBS termasuk salah satu kebun binatang tertua di Asia Tenggara. Tempat ini didirikan 31 Agustus 1916 silam dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin di Kaliondo. Setahun kemudian, KBS pindah ke Darmo yang menjadi lokasinya hingga saat ini.

KBS baru dibuka untuk umum bulan April 1918. Baru 4 tahun beroperasi, KBS mengalami krisis dan terancam dibubarkan. Beruntung, beberapa anggota rapat pengurus menolaknya. Pemerintah setempat pun mencegah keputusan tersebut.

Tahun 1927, bantuan besar dari pemerintah setempat diberikan. Dari situ, luas KBS semakin bertambah dari yang awalnya sekitar 3 ha menjadi 15 ha pada tahun 1939.

Koleksi binatangnya juga terus bertambah baik dari dalam maupun luar negeri. Hingga akhirnya sekitar tahun 1970-an, KBS sempat dianggap sebagai kebun binatang terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

Pertengahan 2013, pemerintah setempat akhirnya mengambil alih kepengurusan KBS. Berbagai upaya perbaikan mulai dari manajemen, pemeliharaan satwa, hingga perbaikan fasilitas umum diambil. Kandang-kandang hewan di Kebun Binatang Surabaya direvitalisasi. Mekanisme hibah antar lembaga konservasi dilakukan untuk menangani overpopulasi satwa yang jumlahnya mencapai 2.600-an.

KBS pun sempat menggandeng pakar satwa dunia untuk melakukan pembenahan. Selain itu, pihak pengelola masih memiliki berbagai macam rencana pengembangan agar ke depannya KBS bisa menjadi lembaga konservasi yang lebih baik lagi.

Jadi, tak perlu ragu dan khawatir lagi buat mengunjungi Kebun Binatang Surabaya sekarang. Kalau tak percaya, kamu bisa datang langsung ke sana dan menyaksikan perbaikan ini secara langsung.

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu