Mantap, Akhirnya Jembatan Kaca Di Bromo Dibangun Juga

Pejalan
Updated 26 October 2021

Destinasi wisata Bromo memang telah terkenal dengan keindahan alamnya. Meski demikian, pemerintah akan terus membangun kawasan Bromo menjadi daerah fotogenik. Salah satunya jembatan kaca yang sedang dibangun.

Sekarang ini tengah dilakukan pengerjaan pembangunan jembatan kaca dikawasan Seruni Point Bromo Tengger Semeru. Jembatan yang berada di desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur tersebut kini tengh digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, jembatan kaca yang dibangun tersebut menggunakan desain tipe jembatan suspended-cable. Dengan panjang mencapai 120 eter dan kedalam jurang sekitar 80 meter dengan lebar 1,8 meter dan 3 meter menjadikan jembatan ini sebagai lokasi foto yang menarik.

Perekayasa madya mewakili Kepala Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Joko Purnomo mengatakan pengerjaan jembatan memerlukan waktu sekitar 11 bulan.

Untuk tahap pengerjaan memerlukan waktu 11 bulan ini akan menggunakan anggaran tahun 2021 dan anggaran 2022. Pembangunan ini pun telah dilakukan setelah Kementerian PUPR dan Pemkab Prabolinggo menyelasaikan pembebasan lahan.

Selain itu, mereka juga telah melakukan proses pengujian terhadap struktur jembatan yang telah dirampungkan. Dalam pengujian lantai kaca terhadap beban rencana 3 mm dengan tegangan 12 MPa, disimpulkan struktur kuat karena tak terdapat kerusakan pada kaca.

Sementara itu pada bagian kaca kedua memiliki kemampuan 3,98 ton dengan defleksi 35,9 mm. Dari uji tersebut hasilnya kaca menjadi serpihan tetapi tidak lepas dari interlayernya. Setelah lapisan kaca kedua pecah, maka lapisan interlayer SGPnya masih bertahan untuk menahan beban.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono mengatakan Pemkab Probolinggo sangat mendukung penuh progres pembangunan jembatan kaca di Seruni Point. Dengan jembatan kaca tersebut diharapkan mampu memberikan suasana baru bagi para pengunjung jembatan kaca dan menikmati pemandangan perbukitan dan gunung Bromo.

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu