monumen kapal selam

Monumen Kapal Selam

 
9.0 (1)
26 0 5 0
monumen kapal selam 4
monumen kapal selam 2
monumen kapal selam 3
monumen kapal selam 1

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten
Kode Pos
60271

Informasi

Fasilitas
  • Tempat Parkir
  • Musholah
  • Toilet

Monumen kapal selam di seluruh dunia hanya ada 5  tempat.  Di Asia hanya ada 2. Satu di Jepang dan satu lagi di Indonesia. Tepatnya di kota Surabaya. Monumen ini didirikan sebagai pengingat akan kebesaran Indonesia sebagai negara Bahari.

Dengan negara kepulauan yang terdiri atas 17.000 pulau dan dua per tiga wilayah adalah samudra, identitas sebagai negara Bahari tentu adalah hal yang melekat di negara ini. Untuk itu, keberadaan Angkatan Laut merupakan hal yang esensial dan bagian dari jati diri bangsa.

Kapal selam ini berasal dari masa ketika kekuatan armada Indonesia adalah yang terkuat di Asia Pasifik. Untuk wilayah Pasifik, Pembendaharaan peralatan tempur Australia pun waktu itu berada di bawah Indonesia. Dengan kekuatan militer yang berbasis pada kualitas prajurit dan peralatan tempur tercanggih di masa nya. Baik itu pesawat tempur MiG maupun kapal selam anti radar seperti Pasopati yang dijadikan monumen di tempat ini

Monumen ini diresmikan pada tanggal 17 Juni 1998 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Arief Kushariadi. Monumen Kapal Selam merupakan sebuah Monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia. Bedanya dengan monument atau museum yang lain adalah monument ini asli menggunakan kapal selam. Kapal selam yang digunakan adalah KRI Pasopati 410 dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur.

Kapal selam ini merupakan satu diantara armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 dengan type Whiskey Class. Kapal ini sempat turut bertindak dalam Pertempuran Laut Aru dalam operasi trikora mengenai Irian Barat berhadapan dengan Belanda.

Pemindahan kapal ini ke Surabaya bukan perkara mudah. KRI Pasopati harus dipotong menjadi 16 bagian di PT PAL. Selanjutnya dibawa ke area Monkasel kemudian dirakit kembali menjadi sebuah monumen.

Di dalam kapal selam ini terbagi menjadi 7 ruangan diantaranya: Ruangan torpedo haluan yang di komplit dengan 4 peluncur torpedo, Ruangan periskop yang berfungsi jadi Pusat Info tempur, Ruangan Tinggal Perwira, Ruangan ABK (Anak Buah Kapal), Ruangan torpedo buritan, Ruangan listrik dan Ruangan diesel.

Lokasi monumen kapal selam tidak jauh dari pusat kota Surabaya. Akses ke tempat ini sangat mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bila menggunakan kereta, setelah turun di stasiun pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 100 meter dari pintu belakang Stasiun Gubeng. Bila menggunakan bus, dari Terminal Bungurasih, Anda bisa naik bus kota jurusan Gubeng-THR.

Jam Buka Monumen Kapal Selam Monumen kapal selam Surabaya pada hari Senin-Jumat buka mulai jam 08.00 sampai jam 20.00. Hari Sabtu-Minggu buka mulai jam 08.00 sampai jam 21.00.

Tiket Monumen Kapal Selam Harga tiket masuk Monumen kapal selam Surabaya cukup murah. Hanya dengan Rp 15.000 pengunjung sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di Monkasel.

Tersedia juga kolam renang untuk anak-anak dengan membayar Rp 8.000 tiap orangnya.

Peta

Swap Start/End

User reviews

1 review
Overall rating
 
9.0
Pemandangan
 
9.0(1)
Family Friendly
 
9.0(1)
Pelayanan
 
9.0(1)
Harga
 
9.0(1)
Untuk mereview silahkan dulu
Tambah pengetahuan
Overall rating
 
9.0
Pemandangan
 
9.0
Family Friendly
 
9.0
Pelayanan
 
9.0
Harga
 
9.0
Mengunjungi museum ini bakal tambah pengetahuan ttg alutsista yg dimiliki bangsa ini
Laporkan review ini Review ini membantu? 0 0