Nikmati Trend Keliling Desa Sekitar Borobudur Naik Sekuter

Pejalan
22 September 2021

Borobudur merupakan destinasi wisata tingkat dunia yang telah terkenal di dunia. Sehingga tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke candi terbesar tersebut. Meski demikian, saat ini ada fenomena baru dengan munculnya tren berskuter di sekitar desa Borobudur.

Dampak dari pandemi seperti sekarang ini membuat wisatawan mulai menyadari wisata yang aman bagi kesehatan, salah satunya adalah berlibur atau traveling dengan mengunjungi desa-desa yang ada di sekitar candi Borobudur.

Jika sebelumnya banyak wisatawan yang berkeliling desa yang masuk dalam Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersebut dengan menaiki andong atau delman, mobil VW, dan sepeda. Tetapi sekarang yang ngetrend dikalangan wisatawan berkeliling dengan menggunakan skuter.

Nah, jika kamu ingin menjajal trend yang saat ini tengah digemari maka kamy yang ingin berkeliling desa dengan skuter bisa memesannya terdahulu. Bahkan salah satu pengelola tersebut memiliki instagram @skuterfun.borobudur. Wisatawan yang telah memesan, ke depannya pengelola akan menyediakan skuter untuk berkeliling desa.

Walau trend ini baru muncul pada Agustus 2021 tetapi, mereka yang menikmati perjalanan keliling desa dengan skuter terus bertambah, bahkan bukan dari warga Magelang saja yang mencoba. Beberapa warga dari Temanggung, Yogyakarta, hingga Jakarta telah mencobanya.

Ngtrendnya berkeliling desa sekitar Borobudur dengan menggunakan skuter tentu tidak lepas dari pengaruh media sosial yang mempromosikan wisata ini. Bahkan pengelola menyewakan skuter dengan harga yang terjangkau.

Ketika kamu ingin mencoba tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Sehingga sebelum naik skuter tersebut wisatawan yang menyewa akan diberikan pengarahan terkait bagaimana mengendarai skuter tersebut. Dimana syarat yang wajib, penyewa harus bisa naik sepeda motor.

Sementara itu, bagi anak-anak yang ingin mencoba skuter ini sayangnya belum bisa dilakukan. Hal ini diterapkan pengelola karena alasan faktor keamanan. Nah dalam pengarahan tersebut, pengelola juga memberikan rute perjalanan yang dapat dilalui dan beberapa spot instagramble yang dapat kamu bisa jkrek-jkerk.

Keliling desa sekitar Borobudur dengan skuter ini diawali oleh Aldy yang mengaku ingin berkeliling desa dengan menggunakan skuter, tetapi fasilitas tersebut belum ada. Dari sana Aldy, Novan Fuady, Irsyad Pranantya, dan Yusuf Alfrian mencari skuter untuk berwisata disekitar candi Borobudur.

Hal ini memang cukup berbeda dengan fasilitas lain yang telah ada seperti Jep, andong atau delman, mobil VW, Sepeda yang terlebih dahulu sudah ada. Tetapi untuk skuter belum ada, maka mereka pun berinisiatif untuk menyewakan skuter.

Sehingga pada Agustus 2021 mereka pun mulai membeli untuk pertama kalinya 6 unit skuter. Pada dua hari pertama belum ada yang menyewa sama sekali, sehingga masih sangat ramai. Namun seiring waktu dan media sosial maka semakin ramai.

Tak hanya itu, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi ini maka pada pagi hari penyewaan skuter bisa kamu jumpai di Homestay Asyubun, Dusun Tanjungsari mulai pukul 06.00 hingga 13.00.  Kemudian pada sore hari bisa dimulai sejak pukul 15.00 hingga 21.00 di depan pintu masuk Candi Borobudur.

Jika ingin menyewa skuter maka pada pagi hari bisa pesan melalui whatsapp, maka pengelola akan mengatur jadwalnya, namun pada sore hari harus datang ke lokasi. Hal ini disesuaikan dengan skuter yang standby di lokasi. Jika ada maka bisa langsung main, jika belum ada maka harus ambil nomor antrian.

Bagi kamu yang ingin menyewa maka, syarat selanjutnya harus meninggalkan identitas diri berupa KTP atau SIM sebagai jaminan. Tetapi jika untuk satu rombongan maka kamu dapat meninggalkan jaminan cukup satu orang saja.

Skuter yang saat ini telah mencapai 18 unit telah dikenal masyarakat melalui instagram, tiktok, bahkan beberapa status whatsapp juga menambah promosi.

Pengelola lainnya, Novan Fuadhy menambahkan, dulunya membeli 6 unit dengan target hanya warga lokal karena masih PPKM. Kenyataan antusias para penyewa skuter ini banyak sekali. Kemudian saat ini memiliki 18 unit skuter dan untuk promosi mengandalkan medsos, salah satunya instagram.

Untuk menyewa skuter ini dipasang tarif Rp. 10.000 per 15 menit. Sehingga jika kamu ingin menggunakannya selama 30 menit kamu dikenakan harga Rp 20.000Dimana pembayaran dilakukan setelah wisatawan selesai trip.

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu