Wisata Bahari Di Pulau Pramuka yang Wajib Masuk Daftar List

Pejalan
Updated 17 November 2021

Indonesia memiliki beragam Wisata bahari yang harus kamu kunjungi. Tapi bagi kamu yang tidak bisa berpergian jauh dari Ibukota Jakarta. Maka sudah sepatutnya pulau Pramuka masuk dalam list perjalanan kamu.

Terdapat banyak destinasi wisata bahari yang ada di Pulau Pramuka yang harus dikunjungi. Pulau  ini memiliki spot diving atau snorkling yang tak kalah memukau dengan beberapa wisata bahari yang terkenal di Indonesia maupun mancanegara.

Pulau Pramuka yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu ini memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Terletak tidak jauh dari Jakarta dan memiliki akses yang sangat mudah bagi kamu yang ingin traveling dan menikmati wisata bahari.

Jika memilih jalur Pelabuhan Kaliadem Muara Angke Jakarta Utara, kamu hanya membutuhkan waktu kira-kira 2 jam untuk sampai di tujuan. Tidak perlu takut bosan ketika di perjalanan karena bisa menikmati pemandangan laut.

Tetapi jika ingin lebih cepat sampai pulau Pramuka maka kamu bisa melalaui pelabuhan Marina Ancol. Dengan rute ini kamu hanya memerlukan waktu satu jam, maka kamu akan sampai Pulau Pramuka dan mulai mengekplorasi keindahan pulau tersebut.

Liburan di alam adalah obat untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, tidak perlu pergi jauh-jauh dari rumah hanya untuk berwisata. Hanya dengan waktu 1 sampai 2 jam Anda sudah bisa menjamah destinasi wisata di Pulau Pramuka.

Tapi jika kamu menginginkan perjalanan dengan biaya murah, maka kamu dapat mengunakan kapal fery kayu yang beroperasi di pelabuhan Muara Angke. Tetapi jika memiliki dana yang lebih kamu bisa menggunakan fery yang beroperasional di pelabuhan Marina Ancol.

Salah satu keunggulan dari destinasi wisata ini adalah pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Terdapat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang siap menyambut ketika menyelam di laut. Tapi jika tidak ingin bermain air, maka kamu bisa melihat penangkaran penyu sebagai destinasi wisata favorit di Pulau Pramuka.

Apabila ingin menjumpai hewan laut dengan mudah, pilih saja penangkaran penyu. Anda bisa menjumpai anak-anak penyu mungil dan menggemaskan. Kamu bisa melihat penyu berbagai umur sehingga tak terasa kamu akan betah di spot tersebut.

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mengabadikan momen dalam bentuk foto. Selain bisa untuk kenang-kenangan, juga dapat diupload ke media sosial. Penangkaran penyu bisa menjadi background cantik dan imut.

wisata pulau pramukaMungkin tidak banyak yang tahu asal muasal nama pulau ini. Namanya mirip dengan salah satu kegiatan ketika masih sekolah. Sebelumnya, tempat ini disebut dengan nama Elang. Hal ini karena banyaknya habitat burung elang bondol yang mendiami pulau ini.

Namun semakin banyaknya manusia yang masuk ke Pulau Pramuka maka hewan tersebut semakain berkurang dan tidak tampak lagi, mungkin mencari lokasi habitat yang tidak ada gangguan manusia. Sehingga pulau tersebut kembali berubah nama.

Berubahnya nama dikarenakan diselenggarakannya kegiatan pramuka di wilayah tersebut. Pada saat itu Jakarta belum mempunyai wilayah perkemahan di Cibubur sehingga menjadikan pulau tersebut sebagai bumi perkemahan.

Salah satu destinasi unggulan dari tempat ini adalah Taman Nasional. Mendengar kata taman sudah pasti akan mengingatkan pada pemandangan alam asri dan sepoi angin segar. Dilokasi ini kamu bisa menjelajahi pulau sehingga terhindar dari polusi dan kebisingan suara.

Sementara itu, wisata bahari di Pulau Pramuka juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti  sebuah jembatan di cantik di laut. Tempat ini dapat memberikan sensasi berjalan membelah laut. Jembatan dengan panjang kurang lebih 500 meter ini didukung dengan pemandangan hutan mangrove.

Pulau Pramuka bagi Penggemar Watersport

Sepanjang tahun banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. terutama pada hari libur. Banyak fasilitas tersedia sehingga memudahkan pengunjung ketika berlibur. Banyak fasilitas mulai dai rumah sakit, masjid, dermaga hingga penginapan. Liburan yang dekat dengan alam namun tidak jauh dari peradaban. Berbeda dengan berlibur di gunung yang minim fasilitas.

Untuk penginapan kamu bisa menyewa homestay dan berbaur dengan penduduk setempat, sehingga bisa menambah kehngatan suasana liburan.

Salah satu destinasi wisata Pulau Pramuka menarik adalah wahana air dan watersport. Anda bisa mencoba berbagai wahana untuk bersenang-senang bersama rombongan. Diantaranya adalah Cano, Banana Boat, Donat Boat, dan Jetski.

Anda bisa menikmati sensasi menantang laut dengan kecepatan laju Banana Boat. Banana boat akan ditarik dalam kecepatan cukup tinggi sehingga mungkin akan memacu adrenalin. Banan Boat akan berputar-putar di atas air.

Menikmati sunset

Apabila ingin menikmati suasana pantai, kamu bisa memilih untuk mengelilinginya dan menunggu momen sunset. Dengan berkeliling, dapat menjumpai berbagai bangunan di sekitar pantai. Kamu  bisa menemukan tempat pelelangan ikan sampai penangkaran ikan hiu.

Jika ingin menghindari kelelahan akibat jalan kaki, bisa menyewa sepeda kayuh. Dengan harga sewa terjangkau, dapat mengelilingi pulau seharian.

Nah kalau kamu ingin menjelajah lebih jauh maka kamu bisa menyewa perahu. Tidak hanya mengelilingi pantai, bahkan bisa melewati berbagai pulau di wilayah tersebut. Dengan menyewa kendaraan ini, banyak hal dapat dijumpai.

Mulai dari pemandangan bawah laut yang cantik hingga pemandangan para pemancing ikan. Ikan-ikan di wilayah ini tentu menarik untuk dipancing. Apalagi air laut yang jernih menambah kesegaran pengunjung.

Setelah puas berkeliling, saatnya untuk menikmati momen sunset di pantai. Anda bisa merasakan pasir pantai yang cantik dan halus di permukaan kulit. Nikmati momen sunset bersama orang terkasih atau rombongan.

Pemandangan di kaki langit tersebut sungguh cantik untuk menutup hari. Apabila ingin berwisata dengan senang di pulau ini, hubungi kami sebagai jasa Pulau Seribu Traveling. Banyak fasilitas kami sediakan.

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu