• Destinasi Wisata
  • Wow, Kaki Gunung Pangrango Akan Dibangun Jembatan Gantung Terpanjang Di Dunia

Wow, Kaki Gunung Pangrango Akan Dibangun Jembatan Gantung Terpanjang Di Dunia

Pejalan
Updated 18 October 2021

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah meresmikan pembangunan ekowisata Eiger Adventure Land dikawasan desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Dimana lokasi ini nantinya akan dibangun jembatan gantung terpanjang di dunia yang membelah kaki gunung Pangrango.

Rencananya jembatan gantung tersebut akan membentang sekitar 530 meter, yang sebelumnya rekor ini dimiliki oleh Portugal yang memiliki jembatan sepanjang 516 meter. Bahkan lokasi ini akan dibangn cable car dengan panjang 863 meter.

Dengan adanya investasi sebesar Rp 800 miliar tersebut tentu akan membangun ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia yang saat ini terpuruk karena pandemi Covid 19. Selain itu, proyek pembangunan ini tentu akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Dikabarkan dari proyek pembangunan ini, maka akan menyerap 600 tenaga kerja pada tahap pertama. Dan akan terus berkembang pada tahap selanjutnya. Dengan adanya jembatan gantung terpanjang di dunia akan menambah icon Jawa Barat, bahkan Indonesia.

Sementara itu, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan fokus supaya pariwisata Indonesia bisa bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dan menargetkan pariwisata era baru yang menitik beratkan pada kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Chairman PT Eigerindo MPI, Ronny Lukito mengatakan, bukan hal yang mudah untuk merencanakan tempat ini. Karena, pihaknya harus memenuhi persyaratan ketat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan lainnya.

Kawasan ekowisata yang terletak di kaki Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor ini memiliki area seluas 325.89 hektare. Tetapi, yang akan dimanfaatkan hanya sebagian kecil sekitar 1,57 persen dan hanya membangun bangunan semi permanen.

Bukan saja pembangunan jembatan gantung dan cable car, Eiger Adventure Land juga akan memiliki berbagai fasilitas seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, tempat penginapan bernuansa alam, welness and sanctuary, hiking, camping, overlanding, dan kegiatan alam lainnya.

Sayangnya destinasi wisata ini baru akan bisa dinikmati pada tahun 2023 mendatang. Sehingga Eiger Adventure Land ini akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan mancanegara.

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu