fbpx
6 Jurus Jitu Hemat Saat Traveling - pejalan.id

6 Jurus Jitu Hemat Saat Traveling

Setiap orang pasti ingin traveling, tetapi banyak orang juga yang keuangannya bobol setelah traveling. Nah buat traveler yang nggak ingin kehabisan uang saat traveling maka panduan 6 jurus ini bisa dipraktekin lho.

1. Ikuti perencanaan bujet

Penyakit traveler adalah nggak disiplin dengan tujuan dan jadwal yang telah direncanakan, sehingga terkadang melebihi bujet yang telah dianggarkan. Untuk menghemat bujet harian pas traveling, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti perencanaan bujet. Sebisa mungkin jalani rencana yang sudah kamu buat, misalnya soal anggaran makan, minum, transportasi, biaya masuk tiket
wisata, dsb.

Selain membantumu buat menghemat bujet, mengikuti perencanaan bujet bikin kamu paham
situasi keuangan kamu. Kamu jadi selalu update soal sisa uang yang kamu pegang, dan kamu juga tahu kapan harus mengambil uang lagi di ATM.

2. Temukan alternatif yang lebih murah

Nggak semuanya dibahas di internet, termasuk soal alternatif-alternatif tempat makan,
akomodasi, atau transportasi yang lebih murah ke/di/dari destinasi yang kamu tuju. Jadi, selalu buka matamu untuk alternatif-alternatif yang lebih murah.

Informasi soal alternatif lebih murah ini bisa kamu dapat dari banyak sumber, misalnya dari warga lokal atau dari teman-teman pejalan yang kamu jumpai.

3. Makan di tempat makan lokal

Salah satu pos yang kemungkinan besar bakal bikin anggaran traveling membengkak adalah
biaya makan. Supaya hemat, coba, deh, makan di tempat makan lokal. Harga makanan di rumah makan lokal jelas lebih murah ketimbang di restoran daerah turistik.

Cuma, untuk tiba di tempat makan-tempat makan lokal, kamu mesti mengeluarkan usaha ekstra,
entah jalan kaki agak jauh atau mblusuk naik kendaraan ke jalan-jalan atau gang-gang yang nggak pernah diliput tayangan wisata.

4. Atur pola makan

Pas traveling, godaan buat nyobain kuliner bakalan makin merajalela. Kalau sudah begini, semuanya kembali ke kamu. Kalau kamu bisa menjaga hawa nafsu, anggaran makan nggak bakal membengkak. Sebaliknya, kalau kamu takluk sama rayuan perut, siap-siap saja tekor.

Maka dari itu mengatur pola makan penting banget artinya pas traveling. Usahakan jangan
telat makan supaya kamu nggak tergoda buat mencicipi semua kuliner yang kamu jumpai dalam perjalanan.

5. Perbanyak jalan kaki dan naik transportasi umum

Kamu memang bisa menyewa kendaraan di destinasi wisata. Tapi, ya, nggak perlu tiap hari
juga. Sediakan satu, dua hari untuk menjelajahi tempat itu dengan cara jalan kaki atau naik transportasi umum.

Jalan kaki atau naik transportasi umum, selain hemat, juga bisa ngasih kamu gambaran yang lebih utuh tentang destinasi itu.

6. Manfaatkan fasilitas dispenser air di penginapan

Kalau kamu menginap di tempat yang menyediakan dispenser—termasuk air, tentunya—jangan
sungkan-sungkan untuk memanfaatkan fasilitas itu. Dengan bekal air dispenser, kamu bisa menghemat anggaran traveling karena nggak perlu beli air mineral kemasan.

Jadi, kapan rencana mau nyobain jurus jitu di atas, Sob?

Pesona Alam Bawah Laut Halmahera Barat - pejalan.id

Pesona Alam Bawah Laut Halmahera Barat

Alam bawah laut banyak menyimpan pesona keindahan tersendiri. Apalagi bagi traveler yang menyukai wisata bahari. Nah, untuk itu pilihan Halmahera Barat merupakan spot yang paling ciamik buat menelusuri alam bawah lautnya.

Diving - Wisata Bahari Halmahera Barat

Halmahera Barat terkenal dengan keindahan lautnya yang berada di Provinsi Maluku Utara. Ada beberapa spot diving yang terkenal, antara lain: blok Tanjung Kailupa, blok Pulau Babua, blok Atol Pastofiri, dan Loloda.

BLOK TANJUNG KAILUPANHR.10

Terdapat di sebelah barat teluk dan mempunyai topografi dinding karang (wall) serta slope reef yang ditumbuhi oleh gorgonian, sea fan, sponge dan arcopora. NHR 10 sangat cocok untuk camera wide angle maupun macro. Marine life: Shark, turtle, cuttlefish, anthias glass fish, octopus, dan sebagainya.

NHR.08

Dengan keadaan topografi kombinasi slope dan wall, titik penyelaman ini memiliki variasi hard dan soft coral yang cantik dengan kedalaman rata-rata 15 meter sampai 25 meter. Entry berada pada sebelah kiri reef. Marine life: Shark, jackfish, nudi branches, surgeon fish, glass fish, garden feel, dan sebagainya.

RED HOUSE

Dengan topografi flat dan deep slope dengan subtrat agak berlumpur, titik ini memiliki banyak sea fan, barrel sponges, dan mempunyai kedalaman rata-rata 15 meter sampai 30 meter. Marine life: nudi branches, glass fish, pigmy seahorse, pink eyed goby, crocodile fish, ribbon eel, dan sebagainya.

Diving - Wisata Bahari Halmahera Barat

 

BLOK PULAU BABUANHR.06 [REEF JOJO]

 

Dive profile dapat di rubah sesuai dengan arah arus, reef top 5 meter. Submerged reef dengan kedalaman rata-rata 15 meter sampai 25 meter. NHR 06 memiliki soft corals, sea fan, gorgonian, barrels sponge, dan sangat cocok untuk wide angle maupun macro. Marine life: Shark, turtle, anthias, nudi branches, fusilier glass fish, moray eel, pink eyed goby, dan sebagainya.

 

NHR.02

Titik penyelaman ini terletak pada sisi utara Pulau Babua. Dive entry dengan posisi karang di sebelah kiri tangan. Dive site ini mempunyai topografi dinding karang atau wall dan slope mulai dari kedalaman 15 meter sampai 25 meter. Dive site ini sangat cocok untuk wide angle lensa. Marine life: Soft coral, sea fan, turtle, fusilier, snapper, white tip shark.

 

MATUI

Titik penyelaman ini terletak di Desa Matui. Dive entry dengan posisi karang di sebelah kiri tangan. Dive site ini mempunyai topografi kombinasi gentle slope, wall, juga spot coral mulai dari kedalaman 15 meter sampai 25 meter. Dive site ini sangat cocok untuk macro. Marine life: electric clam, lembeh seadragon, pink eyed goby, bearded goby, nudibranch, etc.

Diving - Wisata Bahari Halmahera Barat

BLOK ATOL PASTOFIRI

 

PASTOFIRI POINT

Spot ini terletak di sebelah dalam (sisi Timur) atol. Dive entry dengan karang di sebelah kiri, dapat dilakukan baik secara beach entry maupun boat entry. Dive site ini mempunyai topografi slope dan mini wall, sangat cocok untuk photography yang menggunakan lensa wide angle maupun macro. Kedalaman rata-rata 15 meter sampai 30 meter. Marine life: Sea fan, nudi branches, bubble coral, orang utan crab, fusilier fish, white tip shark, soft corals, pink eyed goby, mushroom coral pipefish, dan sebagainya.

 

BATU KAKA

Dive site ini ditandai dengan adanya batu besar yang menjulang di dekat Desa Guaeria. Entry dengan reef sebelah kiri, memiliki kondisi topografi dive site berupa kombinasi slope dan wall yang berlika-liku dengan kedalaman rata-rata 15 meter sampai 25 meter. Dengan banyaknya soft corals dan hard coral, spot ini cocok baik untuk wide maupun macro. Marine life: Shark, nudi branches, scorpion fish, glass fish, blue ribbon eel.

 

TANJUNG MATUI

Dengan visibility yang tergolong cukup baik, spot ini didominasi topografi deep slope dan wall serta tutupan terumbu karang yang sangat baik, ikan-ikan yang terdapat di spot ini juga relatif cukup banyak dan bervariasi. Cocok baik untuk wide maupun macro photography. Marine life: denise pigmy seahorse, pink eyed goby, schooling baracudda, dan sebagainya.

Diving - Wisata Bahari Halmahera Barat

Selain itu, Loloda juga terdapat banyak diving spot, yaitu: Sosota Reef, Sunset, Panic Point, Kampung Kahatola, Long Rock, Echa’s Garden, Paniki, Rodeo Rock, Marble Reef, dan Irama Rock.

Diving Center yang ada di Halmahera Barat biasanya dapat ditemukan di Pelabuhan Jailolo, yang dikenal “Gilolo” Diving Center. Mereka yang akan membawa Anda ke spot diving terbaik.

 

6 Tips Traveling bareng Pasangan - pejalan.id

6 Tips Traveling bareng Pasangan

Kamu lebih suka liburan bareng keluarga, teman, atau pasangan?

Apa kamu sudah punya rencana mengajak pasanganmu traveling?

Sebelum ngajak si dia, mending kamu baca dulu tips jitu traveling bareng pasangan berikut:

1. Diskusikan rencana liburan dengan matang bersama pasangan

Ini bukan perjalananmu sendiri, tapi perjalanan kalian berdua. Karena itu, libatkan pasanganmu sejak masa perencanaan. Mulai dari destinasi wisata, transportasi, penginapan, biaya yang dibutuhkan, hingga pengeluaran tidak terduga.

Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut dari para travel-blogger di internet. Selain memberikan review pada perjalanan yang pernah dilakukan, biasanya mereka juga akan memberikan berbagai macam rekomendasi untuk liburanmu. Contohnya makanan khas yang harus dicoba atau tempat membeli oleh-oleh yang murah.

Pas bikin itinerary ajaklah dia diskusi. Tanyain dia pengennya ke mana, mau ngapain di sana, penginapan seperti apa yang dia suka, moda transportasi apa yang lebih dia sukai untuk keliling-keliling destinasi.

2. Cari promo

Selain survey harga, rajin-rajin cari promo liburan terbukti efektif bantu kamu meminimalisir pengeluaran. Gak cuma tiket transportasi, tapi juga tiket wisata dan penginapan. Lumayan, sisa uangnya bisa kamu tabung lagi untuk liburan selanjutnya.

3. Bagi-bagi tugas

Masing-masing kalian tentu punya kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan itu, kalian bisa bagi-bagi tugas.

Kalau kamu orangnya analitik dan gemar memecahkan persoalan, kamu bisa berperan sebagai navigator pas traveling. Sebagai orang yang teliti, pasanganmu bisa berperan sebagai bendahara yang bertugas mengatur keuangan dalam perjalanan.

4. Jangan ngotot mencentang “bucket list,” nikmati kebersamaan kalian berdua

Kamu mungkin punya tenaga yang berlebih. Tapi, pasanganmu belum tentu. Karena itu, meskipun kalian sudah menyusun itinerary yang kece banget, jangan terlalu ngotot mengikuti perencanaan itu.

Perjalanan adalah momen bagi kalian berdua untuk lebih saling mengenal. Nikmatilah kebersamaan kalian berdua. Jarang-jarang ‘kan kalian punya waktu buat bareng-bareng kayak gini?

5. Jangan lupa bawa kamera

Gak mau dong momen liburanmu bersama pasangan berlalu begitu saja? Supaya dapat dikenang di kemudian hari, penting banget untuk mengabadikan momen-momen tersebut dengan kameramu, baik dalam bentuk foto maupun video. Hasilnya bisa kamu cetak lalu dipajang sebagai dekorasi kamar.

6. Saling menjaga

Kita nggak pernah tahu apa yang bakal terjadi pas traveling. Tapi, sebagai pasangan, tentulah semestinya kalian selalu saling menjaga keselamatan satu sama lain. Kalau pasanganmu sedang nggak waspada, kamulah yang mesti siaga. Sebaliknya, kalau kamu lagi nggak waspada, pasanganmu semestinya bisa jadi “mata” bagimu.

Jadi, mau traveling ke mana, nih, bareng pasanganmu?

3 Desa Wisata Ini Janjikan Kualitas Hunian - pejalan.id

3 Desa Wisata Ini Janjikan Kualitas Hunian

Desa wisata merupakan sebuah wilayah pedesaan yang ditingkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan mengandalkan potensi pariwisata yang terkandung di wilayah tersebut. Bahkan desa wisata juga mampu memberikan kualitas hunia yang sangat baik bagi masyarakatnya.

Beberapa upaya yang dilakukan masyarakat dalam membangun Desa Wisata adalah melihat potensi alam, budaya dan sosial, kemudian menata desa sedemikian rupa, memperbaiki fasilitas umum, pemukiman, dan tempat ibadah.

3 Desa Wisata Ini Janjikan Kualitas Hunian - pejalan.id
Pesona Ubud

Biasanya, disebut Desa Wisata karena mempunyai tempat wisata ikonik. Tempat wisata tersebut biasanya merupakan kebudayaan dari wilayah itu. Beberapa fasilitas lainnya yang terdapat di Desa Wisata adalah sarana-prasarana yang memadai, transportasi dan akomodasi yang mendukung.

Selain beberapa wisata unggulan, satu pertanyaan muncul; apakah terdapat properti yang dijual di Desa Wisata? Secara kita tahu bahwa dengan adanya wisata unggulan, potensi tempat tinggal pun pasti ada.

Nah, beberapa Desa Wisata di Indonesia yang tidak hanya memiliki wisata ikonik, tetapi juga memiliki beberapa potensi bagus di bidang propertinya.

Desa Wisata Setu Babakan

Setu Babakan merupakan satu daerah yang terletak antara Depok dan Jakarta Selatan. Desa ini memiliki luas 289 hektar, memiliki kurang lebih 3.540 kepala keluarga dan sebagian besar adalah orang asli Betawi. Sering disebut sebagai Perkampungan Budaya Betawi karena warisan budayanya yang masih sangat kental. Budaya yang masih sangat dilestarikan di Setu Babakan adalah ondel-ondel, tanjidor, lenong dan makanan khasnya seperti gado-gado, semur jengkol, ketoprak, kerak telor, bir pletok, dan soto betawi.

Memiliki sebuah danau buatan dengan ukuran 32 hektar dan digunakan sebagai pemancingan oleh warga sekitar. Selain pemancingan, danau ini digunakan untuk wisata bebek-bebekan dan tempat untuk menikmati sunset.

Untuk potensi hunian di Setu Babakan, harganya sudah mengikuti rata-rata harga yang ada di Jakarta. Harganya berkisar Rp 5 sampai 10 juta per meter persegi untuk tanah dan Rp 900 juta hingga 2 milyar untuk hunian.

Desa Wisata Ubud

Desa yang berada di Kabupataen Gianyar menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara karena lokasinya yang berbukit dengan nuansa alam yang sejuk sehingga cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri. Selain kaya akan alamnya, Desa Ubud juga kaya akan budaya dan keseniannya karena sering disebut sebagai Ibukota Seni dan Budaya Asia.

Diberikan predikat “global”, harga untuk hunian pun sudah tidak masuk akal. Menurut Lamudi.co.id hunian paling murah pun dihargai Rp 900 juta hingga Rp 13 milyar

Namun, dengan harga yang terbilang gila tersebut, tentu Anda akan dimanjakan dengan beberapa kesenian dan tempat wisata khas Ubud seperti Kecak Dance, Puri Agung Ubud, Museum Puri Lukisan, dan Monkey Forest. Ubud juga memiliki pasar khas yakni Pasar Seni Ubud tempat membeli suvenir khas Bali..

Desa Wisata Kasongan

Berlokasi di Bantul, Yogyakarta kawasan ini dapat ditempuh sekitar 10-20 menit dari pusat kota. Desa Kasongan kerap disebut sebagai desa gerabah karena kebanyakan dari masyarakat di sana masih membuat gendi, kuali, atau beberapa peralatan dapur dari tanah liat sebagai sumber mata pancaharian.

Karena disebut desa gerabah, wisata ikonik yang ada di Desa Kasongan adalah kelas belajar membuat gerabah untuk para wisatawan. Dimulai dengan proses perhitungan diameter hingga pengecatan. Totalnya kurang lebih 2-4 hari. Tidak hanya kesenian saja, desa ini ternyata juga memiliki potensi yang sangat bagus untuk mengembangkan bisnis properti, karena rata-rata harga hunian disana lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah dijual di Jogja.

Sekadar  informasi, harga rumah dijual di Jogja dibanderol mulai dari Rp 300 juta. Rata-rata rumah dijual di Jogja berstatus secondary dengan desain yang monoton. Walau begitu, rumah yang dijual di Desa Kasongan tidak ketinggalan jaman, hunian yang dijual sudah dibangun dengan konsep cluster baru. Dibangun dengan desain modern, tetapi tidak meninggalkan khas Jogja itu sendiri; beberapa ukiran furnitur dan batik yang menyelimuti hunian, sehingga dapat disimpulkan bahwa hunian dijual Desa Kasongan sama bagus dengan rumah dijual di Jogja.

Intip Yuk, Tips Sebelum Melancong ke Wakatobi - pejalan.id

Intip Yuk, Tips Sebelum Melancong ke Wakatobi

Traveler mana yang nggak ingin mengunjungi Wakatobi? Kepulauan yang memiliki pesona bawah laut yang indah, merupakan gugusan pulau Wangi-Wangim Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang kini telah tergabung dalam satu kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Namun jauh sebelum daerah ini dikenal sebagai spot wisata yang mendunia, dulunya daerah tersebut merupakan pusatnya pandai besi. hal itu disebabkan daerah tersebut tempat berkumpulnya pada pembuat keris tradisional.

Keindahan alam yang ada disekitar Kepulauan Wakatobi ini tidak bisa ditutupi. Pesona alamnya seakan menggeser daerah tersebut daei Kepulauan tukang pandai besi, kini menjadi spot wisata bahari yang menyimpan taman laut terindah di Indonesia.

Pesona bawah laut Taman Nasional Wakatobi yang luasnya mencapai 1,39 juta hektar ini akan bikin kamu betah lama-lama liburan di sini.

wakatobi
Terumbu karang Wakatobi/Widhi Beksebelum traveler kesana sebaiknya cari tahu dahulu transportasi yang akan digunakan, pasalnya saat ini Wakatobi sudah bisa diakses lewat laut dan udara. mantapkan!
Jika kamu menggunakan jalur laut maka traveler bisa menumpang kapal Pelni dari Makasar ke Pelabuhan Marhum, Bau-bau.Dari sana perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan kapal cepat selama 8 hingga 9 jam…wow pasti trip yang melelahkan sekaligus menantang.  Tapi jika kamu menggunakan udara, maka kamu bisa langsung mendarat di bandara Matahora yang berada di Pulau Wangi-wangi.

Apa aja sih yang dapat traveler lakukan disana? Pastinya kamu wajib  mengintip alam bawah laut Wakatobi. Kalau punya lisensi, mampir aja ke Hoga Dive Resort (☎ 0823 9415 9995) dan bikin reservasi buat dive trip.

Pulau Wangi-Wangi

Pulau
Wangi-Wang punya beberapa benteng, di antaranya Benteng Tindoi, Benteng Mandati
Tonga, Benteng Molengo, dan Benteng Liya. Masjid Keraton Liya yang bersejarah
juga perlu kamu kunjungi, sebab di sekitar masjid ada kompleks makam
keturunan-keturunan Ken Dedes, seperti Mahesa Cempaka. Di pulau ini juga ada
mercusuar peninggalan zaman kolonial yang dibangun pada tahun 1901.

Pulau Kaledupa

Seperti Wangi-Wangi, Kaledupa juga punya atraksi wisata sejarah. Di sini ada Benteng La
Donda dan Benteng Ollo (di dekat Benteng Ollo juga ada sebuah masjid tua.)

Pulau Tomia

Di Pulau Tomia ada Benteng Patua yang berdiri di atas bukit, Benteng Suo-Suo, dan
masjid tua di Kecamatan Onemay.

Pulau Binongko

Di Pulau Binongko, pulau pandai besi, ada Benteng Palahidu dan Benteng Wali (di Panorama Puncak Koncu Kapala Wali kamu bisa menikmati momen matahari terbenam). Kamu juga bisa main ke Taman Batu di Desa Haka.

lumba-lumba
Seekor lumba-lumba di perairan Lepa Mola Wakatobi/Widhi BekKuliner Khas Wakatobi

Wakatobi punya beragam kuliner khas, misalnya kasoami, singkong yang diserut kemudian diperas airnya sampai kering, lalu dibakar. Harga satu porsinya cuma sekitar Rp2.500. Kasoami biasanya dimakan bersama ikan parende dengan kuah khasnya.

Ada lagi laluta atau nasi bumbu, yang berupa beras putih atau merah yang dimasak bersama santan dan dibungkus dengan daun pisang. Kamu juga perlu nyoba baroncos, kue gurih mirip pukis yang ditaburi gula dan kacang (seporsi cuma Rp500). Ada juga kapusu yang terbuat dari jagung tua. Karasi, camilan yang terbuat dari tepung beras, juga enak.

 

Benteng Kalamata, Menyusuri Sejarah Kota Ternate - pejalan.id

Benteng Kalamata, Menyusuri Sejarah Kota Ternate

 

Benteng Kalamata - Wisata Sejarah Kota Ternate

Benteng Kalamata merupakan situs sejarah masa Portugis yang berada di Ternate. Benteng  yang dibangun tahun 1540, dikenal juga dengan nama Benteng Kayu Merah, karena terletak di kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan.

Pada awalnya benteng ini bernama Santa Lucia namun kemudian terkenal dengan nama Benteng Kalamata karena mengambil nama Pangeran Kalamata, yakni adik dari Sultan Ternate Madarsyah.

Sejarah

Jika menyusuri sejarah benteng ini, maka orang Portugis yang bernama Fransisco Serao membangun benteng ini untuk bertahan menghadapi serangan Spanyol dari Rum, Tidore.

Kemudian, benteng ini dipugar oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Pieter Both, pada tahun 1609. Benteng Kalamata diduduki oleh Spanyol pada tahun 1625 setelah dikosongkan Geen Huigen Schapen (Portugis).

Setelah ditinggal Spanyol, benteng ini diduduki oleh Belanda. Kemudian benteng ini diperbaiki oleh Mayor Lutzow pada tahun 1799. Benteng Kalamata dipugar oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1994 dan diresmikan purna pugarnya pada tahun 1997. Pada tahun 2005, Pemerintah Kota Ternate merenovasi benteng ini dengan menambahkan halaman dan rumah untuk penjaga benteng.

Konstruksi

Benteng Kalamata didesain menyerupai empat penjuru mata angin yang memiliki empat bastion berujung runcing dan memiliki lubang bidik. Benteng Kalamata berada di garis pantai dan dari bagian belakang benteng terlihat pulau Tidore dan Maitara.

 

Trik Saat Transit Tengah Malam di Bandara Soetta - pejalan.id

Trik Saat Transit Tengah Malam di Bandara Soetta

Trik ini tentu akan berguna bagi traveler yang harus mengalami transit pesawat terbang di Bandara Soekarno Hatta. permasalahannya waktu transit terjadi pada tengah malam. Apa saja sih yang bisa traveler lakukan mengatasi permasalahan tersebut.

Nah berikut ini 5 trik jika kamu transir tengah malam di bandara:

1. Cari kursi kosong buat bersandar

Jika kamu mengalaminya kamu nggak perlu bingung, kamu tinggal cari saja kursi-kursi kosong yang tersebar di terminal 1,2, dan 3. Intinya dalam kondisi seperti itu, maka usahakan cari lokasi kursi untuk bersandar dan beristirahat,

Nggak perlu takut, kamu nggak bakalan diusir. Ntar kamu bisa lihat sendiri kok kalau bukan kamu doang yang jadi tamu di terminal itu.

2. Kalau punya anggaran, menginap di hotel kapsul

Sekarang, Bandara Soekarno-Hatta sudah punya hotel kapsul. Bentuknya seperti kamar dorm di hostel, tapi lebih mewah. Tarifnya beragam tergantung durasi.

Kamu bisa menjumpai hotel kapsul di lantai 1 Terminal 3. Supaya nggak kehabisan tempat, kamu bisa booking dulu lewat internet.

3. Kamu bisa menemukan areal merokok di seberang gedung terminal

Hal ini tentu menjadi masalah besar juga bagi kamu perokok berat. Pasalnya tidak di Bandara Soekarno Hatta kamu nggak bisa merokok sembarangan diarea terminal. meski demikian, pihak bandara tetap menyediakan area buat perokok  kok. Kamu tinggal berkeliling area untuk mencari smoking area.

4. Nggak usah khawatir kelaparan, soalnya banyak kios yang buka

Meski harga makanan didalam bandara lebih mahal dibandingkan di luar, tapi ketika kamu kelaparan kamu nggak perlu khawatir, karena di bandara banyak terdapat kios yang buka 24 am.

Macam-macam yang dijual, dari mulai air mineral, minuman ringan, camilan, sampai makanan instan. Vending machine juga banyak di Bandara Soetta.

5. Pastikan barang bawaanmu selalu dalam jangkauan

Nah ini yang agak repot jika kamu berlibur membawa seluruh lemari kamar kamu. sebaiknya kamu tetap waspada menjaga barang bawaan kamu. Bukan berarti harus mencurigai orang, tetapi sikap berhati-hati dengan memastikan barang bawaan kamu ada dalam jangkauan kamu.

Jadi, udah nggak bingung lagi ‘kan gimana menghabiskan waktu transit setengah malam di Bandara Soekarno-Hatta

Pertimbangan Berburu Makanan Saat Traveling - pejalan.id

Pertimbangan Berburu Makanan Saat Traveling

Musim liburan akhir tahun ini selalu diiringi oleh musim hujan. Nah jika traveler tidak memperhatikan asupan makanan saat traveling tentu resikonya bisa merusak momen liburan kamu. Agar tidak sakit saat berlibur maka beberapa jenis makanan bisa menjaga stamina sehingga liburan jadi menyenangkan.

Inilah makanan yang tepat  dan harus kamu harus perhatikan  saat  traveling.

1. Sehat

Banyaknya wisata kuliner disuatu daerah tentu membuat traveler ingin mencoba sensasi kelezatan makanan khas tersebut. Tapi selain berburu wisata kuliner tentu traveler harus memperhatikan kesehatan dari makanan yang akan disantap.

Kamu nggak perlu bawa sampel makan ke lab buat memastikan sehat atau enggaknya makanan itu. Minimal, kamu mesti yakin kalau makanan itu diolah di lingkungan yang sehat. Makanan yang diproses pada lingkungan tidak higienis tentu bisa membuat kesehatan terganggu. So, pasti kamu nggak mau kan liburan sambil pegangin perut.

2. Bergizi

Agar kesehatan dan staminamu terjaga, makanlah makanan yang bergizi. Kalau perlu, cocokkan kandungan gizinya dengan jumlah yang disyaratkan buat aktivitasmu.

Sekarang udah banyak banget, kok, aplikasi buat menghitung kandungan gizi makanan. Coba saja main ke toko-toko aplikasi.

3. Harga terjangkau

Untuk yang satu ini tentunya traveler telah paham dong. Soal harga tentu menjadi pertimbangan bagi traveler yang ingin mencicipi makanan khas suatu daerah, kamu pasti nggak mau juga ketika selesai makan mendapatkan tagihan harga diluar kewajaran,

bertanya dan memastikan harga makanan yang akan traveler santap itu lebih baik, dari pada kecewa setelah mengetahui harganya diluar batas wajar. Sebaiknya kamu bisa tanya-tanya ke pihak hostel atau teman-teman yang kamu jumpai di jalan soal tempat makan yang murah tapi recommended.

4. Khas daerah setempat

Mencicipi kuliner khas daerah tentu menjadi pengalaman tersendiri ketika berlibur. Jika tidak ada pantangan dari sisi kesehatan, maka pengalaman wisata kuliner patut diperjuangkan. Percuma aja ‘kan kalau udah jauh-jauh ke destinasi itu tapi ujung-ujungnya kamu cuma makan fast food?

Hindari 3 Hal Ini Agar Traveling tetap Seru - pejalan.id

Hindari 3 Hal Ini Agar Traveling tetap Seru

Traveling merupakan kegiatan untuk melepaskan rutinitas dan mencari kebahagian dengan melihat dan merasakan sesuatu yang baru. Nah jika sobat traveler nggak mau tripnya jadi berantakan dan membuat kita bad mood, maka sebaiknya, hindari 3 hal ini yah.

1. Pergi ke destinasi yang lagi populer di media sosial

Traveler pasti tau dong bagaimana berita yang menggambarkan sebuah bukit yang indah dan menjadi viral di Indonesia. Nah, jika traveler nggak mau kecewa maka sebaiknya menghindari spot wisata yang sedang ngetren di media sosial. hal ini karena sobat bisa terjebak oleh lautan manusia, bukannya senang malah bisa jadi BT lho.

Jangan ragu-ragu buat beda dari orang lain. Kalau menurutmu Kota A menarik, cus saja ke sana. Ikut-ikutan ke B yang lagi populer di media–yakin, deh!–bakalan kalah seru.

Hindari 3 Hal Ini Agar Traveling tetap Seru - pejalan.id

2. Tunduk pada rute yang ditawarkan tiket promo

Kalo soal ini memang ada untung ruginya juga sih. Tiket promo memang menggiurkan, Sob. Tapi, bukan berarti kamu mesti “tunduk” pada rute yang ditawarkan tiket promo. Ya, kecuali tiket promonya memang ke tempat yang kamu inginkan.

Sebenernya, tanpa menunggu program promo, kamu bisa mencari tiket murah. Caranya? Pesan tiketmu sejak jauh-jauh hari.

Hindari 3 Hal Ini Agar Traveling tetap Seru - pejalan.id

3. Menyalin mentah-mentah “itinerary” orang lain

Traveler sebaiknya jangan menjiplak mentah-mentah itinerary dari seseorang. sekarang memang lagi popular sih minta itin sebelum traveling. Nah, kalo sobat bingung dan belum tau mau kemana maka bisa aja kok sobat intip itinerary yang ada di pejalan.id. Tapi di kombinasi dengan insting keliaran sobat tentu juga bakal tambah seru.

Bikin itinerary nggak susah kok, Sob. Dengan informasi dasar dari spot yang bakal sobat kunjungi, maka melalui pejalan.id traveler bisa melihat spot-spot wisata yang ada disekitarnya, maka sobat pun bisa mengkombinasikannya dan menjadi perjalanan yang tak terlupakan deh.

well, happy holiday deh!

Mau Liburan Musim Hujan? Ini Lho 5 Ide Yang Patut Dicoba - pejalan.id

Mau Liburan Musim Hujan? Ini Lho 5 Ide Yang Patut Dicoba

Musim hujan memang paling nggak asyik buat berliburt. tetapi kalo sobat traveler sejati, banyak kok ide menarik untuk tetap berlibur. Mengisi liburan seperti saat ini memang membuat banyak orang bingung, aktivitas  di gunung maupun di pantai juga kurang bersahabat.

Tapi 5 ide liburan ini bisa sobat terapin kok di musim hujan sekarang ini, diantaranya:

1. Menjelajahi museum

Karena musim hujan, sepertinya aktivitas di dalam ruangan menjadi pilihan yang memungkinkan untuk mengisi waktu libur seperti sekarang ini. salah satu yang dapat traveler lakukan adalah dengan mengunjungi museum. entah museum sejarah perjuangan, museum seni, atau museum-museum lainnya.

Kabar baiknya, biasanya tiket masuk ke museum terjangkau banget, Sob. Dengan hanya beberapa puluh ribu sehari kamu bisa main ke beberapa museum sekaligus.

Mau Liburan Musim Hujan? Ini Lho 5 Ide Yang Patut Dicoba - pejalan.id

2. Ikut kelas kerajinan tangan atau memasak

Bagi traveler yang sedang berada di Yogya, tidak ada salahnya kalo sobat ikutan kelas kerajinan tangan. Selain nggak perlu basah-basahan, ide liburan yang satu ini bakak ngasih kamu banyak pengetahuan baru.Selain itu, bukan nggak mungkin kamu juga bisa memanfaatkan skill baru kamu itu buat nyari pemasukan tambahan yang nantinya bisa kamu gunakan buat jalan-jalan.

3. Wisata kuliner

Salah satu wisata yang tidak di pengaruhi oleh cuaca adalah wisata kuliner. traveler bisa menjelajahi kuliner khas yang ada di suatu daerah kok. sobat bisa mencari kuliner apa saja yang menarik di pejalan.id kemudian langsung deh meluncur untuk mencicipi kuliner khas yang sangat lezat.

Kulineran pas musim penghujan bakal seru banget, Sob. Bayangin aja nih: di luar hujan sedang turun dengan derasnya, terus di depan kamu tersedia seporsi makanan lezat yang masih hangat banget!

Mau Liburan Musim Hujan? Ini Lho 5 Ide Yang Patut Dicoba - pejalan.id

4. Menelusuri situs-situs budaya

Aktivitas menarik lain yang bisa kamu lakukan pas musim hujan adalah menelusuri situs-situs budaya, baik yang sudah tidak dimanfaatkan lagi maupun yang masih digunakan sampai sekarang.

Kamu bisa mampir ke keraton-keraton di penjuru Indonesia. Paling enak, sih, kamu main ke daerah Jogja atau Jawa Tengah, tempat kamu bisa menjelajahi situs-situs budaya kerajaan Mataraman.

5. “Staycation” di hotel

Staycation di hotel juga seru, Sob. Kamu bisa gegoleran seharian di hotel pilihanmu. Bosan, kamu bisa ambil remot TV dan pilih tayangan menarik. Lapar, tinggal telepon restoran aja. Pegel, kamu bisa mampir ke SPA.

Tetap asyikkan liburannya, meski hujan tetap mengguyur.