Begini Tips Ke Pantai Saat Musim Hujan

Walau saat ini masih musim hujan, namun keinginan untuk berwisata ke Pantai menggebu, maka sobat pejalan harus memperhatikan beberapa tips yang harus di perhatikan. Hal ini tentunya demi menjaga keselamatan jiwa selama wisata pantai.

Dari beberapa sumber yang dirangkum, Pejalan.id membaginya dalam beberapa poin, diantaranya :

1.Pahami dan kondisi pantai yang akan dikunjungi

Sebelum melakukan perjalanan, sobat pejalan tentu harus membuat planning dan meriset tentang lokasi pantai yang menjadi tujuan. Riset pantai tersebut bisa mulai menuju ke lokasi pantai,  aturan, bahkan larangan pantai tersebut.

2.Riset tentang bentuk pantainya

Banyak wisatawan yang tidak melakukan riset terkait dengan pantai tujuan, sehingga banyak terdengar kecelakaan wisatawan yang terseret ombak atau pun tenggelam. Nah bagi sobat pejalan yang ingin berwisata pantai sebaiknya mencari tahu kondisi medan pantai tujuan,.

Beberapa jenis pantai diataranya ada yang cekung dan langsung menjorok kelaut, pantai datar yang cocok untuk bermain air, dan ada juga pantai yang lebar yang juga tidak berbahaya untuk berenang.

3.Jangan berenang di pantai berbentuk cekung

Ketika sobat pejalan telah mengetahui jenis pantai yang akan dikunjungi, maka disarankan sobat pejalan untuk menghindari berenang di lokasi pantai yang berbentuk cekung. Hal ini dikarena arus ombak bawah yang cukup besar sehingga bisa menyeret dan menenggelamkan wisatawan.

Sebagai contoh, wisatawan tidak bisa berenang di Pantai Klayar, Pacitan karena mulai dari paling barat sampai ujung timur sudah ada cekungan.

Nah ketika sobat pejalan ingin mengetahui pantai berbentuk cekung bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau memperhatikan ombaknya landai dan pinggiran pasir pantai langsung ke turun, seperti di pantai Karang Hawu, Pelabuhan Ratu.

4.Boleh main di tepi pantai, tapi hati-hati

Jika memang pantai tersebut menjadi tujuan karena keindahan alamnya, maka tidak disarankan untuk melakukan kegiatan berenang atau di pinggiran pantai di musim hujan. Meski demikian, untuk pantai yang berbentuk  datar, maka sobat pejalan masih bisa bermain air.

5.Waspada dengan ombak

Berlibur ke pantai rasanya tidak asyik jika tidak bermain dengan gelombang ombak. Meski demikian pada musim hujan seperti saat ini tentu sangat tidak disarankan bermain di ombak. Hal tersebut tentu sangat berbahaya.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet