Belitung Destinasi Terjangkau Bersama Sohib

Bumi Khatulistiwa merupakan kumpulan surga yang jatuh ke bumi. Salah satu destinasi yang ciamik untuk dikunjungi bersama Sohib adalah pulau Belitung. Dengan biaya yang terjangkau tetapi Belitung mampu menyuguhkan panaroma yang tak kalah indahnya dari Bali.

Pulau Belitung tergolong sangat dekat dengan Ibukota Jakarta, sekitar 50 menit terbang maka kita sudah bisa menyaksikan keindahan pantai di Belitung. Pariwisata pulau ini memang tak bisa lepas dari Andrea Hirata melalui novel dan film layar lebar yang meledak di bioskop Indonesia.

Nah, kalo sohib mau melepas penat bersama teman-teman tentunya negeri Laskar Pelangi ini menjadi pilihan yang asyik kok. Dan pastinya nggak terlalu mahal lho. Cukup berburu tarif pesawat murah dan melakukan perjalanan bersama kawan-kawan menjadikan pengeluaran bisa diminimalisir.

Soal penginapan di Belitung pun menawarkan berbagai pilihan yang menarik. Mulai dari kelas melati yang harga per malamnya Rp 150 ribu hingga kelas bintang 5 yang per malamnya bisa jutaan rupiah. Tapi kalo bareng-bareng sih lebih asyik gaya backpacker lho.

Untuk Transportasi di pulau ini memang sulit didapatkan, pilihan rental motor paling asyik buat rame-rame kok. Seharian juga sudah bisa menjelajah Belitung Barat sampai Belitung Timur tempat latar belakang film Laskar Pelangi.

Untuk berwisata di Belitung cukup memerlukan waktu yang nggak terlalu banyak kok. Pasalnya dengan menyediakan satu hari untuk wisata hoping island dan satu hari untuk menjelajah Belitung Timur. Nah kalo sohib mau kesana, inilah jadwal yang bisa dilakukan.

Sediakan waktu satu hari untuk menjelajahi pulau-pulau di sekitaran Belitung. Dengan menyewa perahu sekitar 500 ribu untuk 10 orang. Maka lebih baik disiapkan dari awal untuk menyewa kendaraan menuju dermaga dan perahu yang telah dibooking.

Lebih baik perjalanan di mulai dari jam 7 atau 8 pagi setelah sarapan di Hotel. Sohib bisa juga membeli cemilan, air mineral, dan sarapan untuk makan siang, karena makan di sekitaran pulau yang dikunjungi di patok harga yang cukup mahal.

Perjalanan bisa naik motor rentalan seharga Rp 75 ribu dari hotel di Tanjung Pandan menuju dermaga tempat perahu berangkat. Jika tidak sempat booking, sohib bisa juga kok langsung menawar perahu di lokasi sekaligus menyewa peralatan snorkeling.

Perjalanan pertama ketika masih pagi maka kita akan mengunjungi pulau pasir dimana banyak bintang laut berada. Tetapi pulau ini akan tergenang air jika semakin siang. Kemudian perahu akan meluncur ke Pulau Lengkuas – ada mercu suar yang bisa dinaiki.

Puas disini, perjalanan dilanjutkan dengan melimpiri pulau Lengkuas untuk melakukan snorkling. Untuk memancing ikan mendekat, itulah gunanya roti atau cemilan yang kita bawa. Cukup ditebar, maka ikan-ikan akan mendekati perahu lho.

Perjalanan selanjutnya mengunjungi bisa mengunjungi pulau Batu Berlayar dimana pantainya banyak terdapat batu-batu Raksasa yang menyerupai layar kapal. Disini sohib bisa berenang lagi di air laut yang jernih dengan pasir putih yang memukau.

Puas bermain air, sohib akan dilanjutkan mengunjungi P. Kelayang jika tidak ingin makan siang di pulau yang khusus di jadikan restoran oleh pengelolanya. Di P. Kelayang ini terdapat goa, bermain pantai pasir putih atau beristirahat dibawah rerimbunan pepohonan.

Nah,puas bermain air besoknya sohib bisa menjelajahi Belitung Timur yang bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor sejauh 60 km dari Tanjung Pandan. Tapi tenang saja jarak segitu dapat ditempuh dalam waktu 1 jam bro, ditambah jalan aspalnya yang mulus dan jalanan yang lenggang.

Disana sohib bisa mengunjungi replika SD Muhammadiyah Gatong – Replika Laskar Pelangi, rumah keong yang berada di seberangnya, mengunjungi rumah Ahok, dan makan siang atau sekedar minum kopi khas Manggar.

Pokoknya liburan di Belitung bikin sohib fresh dan nggak terlalu pusing sama biayanya…so tunggu apalagi, langsung deh berburu tiket pesawatnya.

Penulis : Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

@peepso_user_26(Keynafza )
Ih...enak bgt tempatnya...siap diagendakeun..
6 days ago
@peepso_user_28(Tiara )
Mau dong kesana lagi...
6 days ago
@peepso_user_27(Marem )
Barengnyo...
6 days ago