Denmark dan Swedia Terapkan Sertifikat Vaksin Sebagai Syarat Masuk

Industri pariwisata dunia terpukul oleh pandemi covid 19. Untuk itu pembatasan masuk warga negara asing diterapkan. Namun kali ini Swedia dan Denmark akan melonggarkan pembatasan tersebut dengan menjadikan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk ke negara tersebut.

Seperti dilansir dari The Guardian, Denmark negara yang mengumumkan kebijakan tersebut lebih dahulu kemudian disusul Swedia. Sehingga kedepannya sertifikasi tersebut dapat digunakan pelancong untuk berwisata.

Sertifikat ini digunakan sebagai sarana pemeriksaan seseorang apakah sudah di vaksin atau belum, ketika memasuki suatu negara, baik itu untuk acara olahraga atau pun kebudayaan. Bahkan, pemerintah Swedia berharap infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengeluarkan sertifikat digital itu sudah siap digunakan pada Juni 2021.

Denmark yang mengumumkan program tersebut sehari sebelumnya, awalnya mereka hanya akan meluncurkan daftar online yang bisa diakses untuk memeriksa status vaksinasi seseorang. Meski begitu, pemerintah Denmark mengatakan mereka akan menunda keputusan akhir tentang apakah “paspor corona” bisa digunakan untuk tak hanya syarat perjalanan saja.

Mereka juga menunggu dilakukannya lebih banyak riset mengenai apakah orang-orang yang sudah divaksinasi ini masih bisa menularkan virus.

Kedua negara tersebut juga mengatakan bahwa usaha-usaha khusus akan dilakukan untuk menjadikan sertifikat nasional ini sesuai dengan sertifikat internasional yang sedang didiskusikan di tingkat World Health Organization (WHO) serta Uni Eropa.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet