Desa Penglipuran, Desa Terbesih dan Terapih Di Dunia

Desa Penglipuran merupakan desa wisata di Bali yang sangat terkenal. Hal ini wajar saja jika banyak wisatawan yang berkunjung ke desa Penglipuran. Hal ini disebabkan desa Penglipuran merupakan salah satu desa terbersih dan terapih di dunia.

Dengan deretan rumah yang tertata rapih dan memiliki tingkat kebersihan yang tinggi menjadikan desa Penglipuran ini terlihat apik dan membuat para sobat pejalan terpesona dan betah untuk berlama-lama didesa tersebut.

Desa Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli ini memang layak mendapat predikat salah satu desa terbersih di dunia. Betapa tidak, sejak memasuki kawasan ini, sama sekali tak tampak sampah, dan sangat mudah menemukan tempat sampah.

Bangunan khas Bali yang berjajar rapi di kanan kiri, merupakan bagian dari konsep Tri Mandala, yaitu Utama Mandala, Madya Mandala dan Nista Mandala.

Di bagian utara terdapat pura sebagai bagian Utama Mandala, di bagian tengah yaitu pemukiman penduduk sebagai Madya Mandala dan makam di Nista Mandala sebelah selatan.

Penduduk desa Penglipuran juga sangat ramah. Sobat pejalan diperbolehkan untuk melihat bagian dalam rumah, dan hampir setiap rumah di desa tersebut menawarkan pernak-pernik dan oleh-oleh khas Desa Penglipuran seperti sandal, baju hingga makanan.

Di beberapa rumah kita juga bisa menemukan penduduk menjual salak. Desa ini juga terlihat mematuhi protokol kesehatan, terlihat dari adanya tempat cuci tangan, sand hanitizer dan sabun di setiap rumah. Dan tentu saja para penduduk memakai masker.

Untuk menuju ke desa Penglipuran ini, kita hanya perlu berjalan sedikit dari tempat parkir di sebelah utara desa. Di saat pandemi, desa ini memang tak terlalu ramai. Nah jika sobat pejalan hendak berkunjung ke desa Penglipuran sebaiknya menerapkan protokol kesehatan ya !.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet