Indonesia Godok Visa Long Term Buat Turis Asing

Industri pariwisata dunia terpukul dengan munculnya pandemic covid 19. Meski demikian keadaan tersebut harus tetap dihadapi dengan optimis, salah satunya kemenparekraf dan Dirjen Kemenkumham tengah menggodok visa long term atay second home untuk wisatawan bisnis.

Kedepannya visa ini akan menyasar para pembisnis wisatawan yang akan masuk ke Indonesia selama 3-4 bulan per tahun. Atau bertepatan dengan musim dingin pada negara mereka. Meski demikian protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat ketika pembukaan kedatangan wisatawan dilakukan.

Beberapa destinasi wisata yang akan dibuka aksesnya bagi wisatawan mancanegara adalah Bali, Batam Bintan, serta destinasi lain yang sesuai dengan bingkai Asean Travel Coridor. Diharapkan proses tersebut segera rampung dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Visa kunjungan bisnis dan wisatawan ini juga dikaji untuk meningkatkan layanan e-visa yang dianggap memberikan kemudahan untuk mendapatkan visa. Tujuan dari visa long term ini adalah memberikan pemilik visa untuk berinvestasi di Indonesia.

Harapannya dengan adanya visa long term ini adalah dapat meningkatkan kualitas pariwisata dari segi lama kunjungan dan jumlah pengeluaran. Sehingga akan mempengaruhi dampak ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat ekonomi lokal.

Dengan adanya konsep long term visa ini kasus-kasus wisatawan seperti Kristen Gray yang sempat viral beberapa waktu, serta para pekerja yang ingin melakukan kegiatan digital nomad bisa memiliki payung hukum yang sesuai.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet