Inilah Aturan Lengkap Naik Pesawat Terbaru

Inilah Aturan Lengkap Naik Pesawat Terbaru

Pandemi Covid 19 saat ini memang telah melandai, meski demikian pemerintah tetap melakukan pengawasan secara ketat untuk dunia penerbangan, salah satunya dengan menerap test PCR ketika akan naik pesawat.

Dirjen Perhubungan Udara, telah menerbitkan peraturan terbaru penerbangan melalui Surat Edaran N. 88 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi udara pada saat masa pandemic.

Dengan diberlakukanya aturan baru, maka surat edaran sebelumnya SE No. 62/2021 dan SE No.70/2021 dianggap tidak berlaku lagi. Peraturan baru tersebut akan diterapkan pemerintah efektif pada 24 Oktober 2021 kemarin.

Dengan munculnya peraturan baru ketika naik pesawat tersebut tentu berdasarkan rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid 19 No. 21/ 2021 dan Intruksi Menteri Dalam Negeri No. 53/2021 dan No. 54/2021.

Dalam peraturan tersebut terdapatr aturan baru terkait naik pesawat dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Bali. Antar kota di Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta daerah dengan level PPKM level 4 dan PPKM level 3.

Salah satu aturan tersebut diantaranya wajib memperlihatkan kartu vaksin minimal telah melakukan vaksin dosis pertama dan surat keterangan negatif RT PCR maksimal 2×24 jam sebelum melakukan keberangkatan.

Sementara itu, untuk penerbangan dari dan ke bandara di luar Jawa dan Bali dengan level PPKM tingkat 1 dan 2 maka wajib memperlihatkan surat keterangan hasil negative PCR maksimal 2×24 jam tau hasul negatif antigen maksimal 1×14 sebelum berangkat.

Aturan ini juga memiliki pengeculian untuk kewajiban memperlihatkan kartu vaksin. Pengecualian pertama adalah untuk pelaku perjalanan dengan usia di bawah 12 (dua belas) tahun.

Kedua, pelaku yang punya kondisi kesehatan khusus dengan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Ketiga, angkutan udara perintis dan penerbangan angkutan udara di daerah 3TP (tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan), yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Sementara itu, dalam peraturan tersebut anak berusia 12 tahun kini boleh naik pesawat, mereka wajib didampingi oleh pihak keluarga dengan membuktikanya dengan memperlihatka KK (kartu Keluarga) dan memenuhi persyaratan tes covid 19.

Tak hanya itu, Selama pemberlakuan edaran ini, kapasitas penumpang untuk pesawat udara kategori jet transport narrow body dan wide body dapat lebih dari 70 persen kapasitas angkut/load factor. Selain itu, maskapai menyediakan tiga baris kursi yang diperlukan sebagai area karatina penumpang yang terindikasi gejala Covid 19.

Sedangkan kapasitas terminal bandara ditetapkan paling banyak 70 persen dari jumlah penumpang waktu sibuk (PWS) pada masa normal.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet