Inilah Kenapa Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Untuk Komersil

Inilah Kenapa Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Untuk Komersil

Bandara Halim Perdanakusuma merupakan bandara yang dimiliki militer. Namun beberapa tahun lalu mulai diijinkan untuk operasional pesawat komersil. Tetapi kini Bandara tersebut akan ditutup dalam waktu dekat.

Lantas apa sih alasan Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup? Menurut keterangan pihak yang terkait menjelaskan bandara akan menutup landasan pacunya selama 9 bulan. Hal ini tentu membuat penerbangan komersil atau maskapai nasional tidak bisa beroperasi untuk sementara waktu.

Bahkan Kementerian Perhubungan juga mengatakan rencana penutupan bandara Halim Perdanakusuma ini terkait dengan dampak rencana revitalisasi bandara yang akan segera dilakukan. Sehingga penerbangan komersil tidak beroperasional.

Sementara itu, Dirjen Perhubungn udara Novie Riyanto menyatakan hingga saat ini nasib ditutup atau tidaknya bandara Halim Perdanakusuma masih tahap pendalaman. Sehingga meski sudah santer wacananya tetapi keputusan untuk menutup bandara belum diambil.

Bahkan rencana penutupan bandara tersebut masih terus dikaji hingga saat ini. Kemenhub sekarang ini tengah membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dengan imbas dari rencana revitalisasi termasuk didalamnya penutupan bandara.

Tak hanya itu, Novie juga mengatakan jika rencana revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma ini diprediksi akan memakan waktu kurang lebih satu tahun. Program revitalisasi bandara ini dilakukan untuk meningkatkan faktor keselematan penerbangan.

Bahkan ia mengaku saat ini juga tengah mempersiapkan desain sisi kesiapan penerbangan. Diantaranya adalah runway atau landasan pacu hingga masalah drainase pembuangan air yang akan diperbaharui sehingga menjadi terintegrasi.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet