Ke Belitung, Jangan Lepaskan 4 Buruan Kuliner Paling Maknyoss

Indonesia yang kaya dengan spot-spot wisata yang aduhai, juga memiliki beragam kuliner yang bikin lidah menari. Salah satu wisata yang menyajikan keindahan alam dan kuliner maknyos adalah Belitung. Nah kalo pistoners lagi berkunjung ke negeri Laskar Pelangi jangan lupa untuk berburu 5 kuliner yang harus dicicipi.

  1. Berego

Kuliner ini merupakan masakan khas Belitung, sekilas bentuk panganan ini seperti lontong yang disiram dengan kuah sayur. Tapi jangan salah walau pun sama-sama putih tapi berego terbuat dari tepung beras yang dicapur dengan sagu.

Nah ketika pistoners sudah sampai di pulau Belitung, maka berego dapat dijumpai pada kedai-kedai makanan yang banyak di pinggir jalanan. Makanan yang sangat popular ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu. Kemudian di kukus dan digulung dan di iris menjadi bulatan yang penyajiannya disiram dengan kuah kari ikan.

Sup Gangan

Negeri Laskar Pelangi ini juga menyimpan kuliner yang menyajikan sensasi yang tak terlupakan, sup Gangan. Gangan merupakan sejenis sup ikan. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning membuat segar.

Daging ikan akan terasa nikmat dengan di sandingkan sepiring nasi panas. Sekilas memang mirip gulai, tetai sajian ini menggunakan santan, sedangkan warna kuningnya berasal dari kunyit yang menjadi ciri khas kuliner ini.

Mie Belitung

Nah kuliner ini juga menjadi ciri khas lho. Mie Belitung Atep. Rasa mie Belitung berbeda dengan makanan yang berbahan dasar mie lainnya. Hal itu karena mie Belitung berbahan dasar dari udang laut yang dihaluskan. Karena itulah kuliner ini menjadi ciri khas kuliner yang banyak dicari wisatawan.

Kalo mau langsung kuy kesana, langsung aja ke warung mie yang paling melegenda ini di Jalan Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan. Mie berwarna kuning ini bertambah nikmat saat disiram dengan kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan tauge sehingga sangat berbeda dengan kuliner berbahan mie lainnya.

  1. Suto Belitung

Salah satu kuliner yang bikin menendang lidah adalah Suto Belitung Mak Janah. Lokasinya berada di Jalan Merdeka, Kota Tanjung Pandan, tepatnya di belakang gedung nasional.

Warung kecil dan sederhana ini  sangat pas buat pistoners yang ingin mencari tempat sarapan dan minum kopi. Sebelumnya warung Mak Janah ini terletak di Pasar Tanjung Pandan, tetapi setelah di gusur ia menempati lokasi sekarang ini. Meski tergusur namun para pelanggannya tetap mencari warung ini, hingga akhirnya terkenal hingga sekarang.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet