Kuliner Halal Di Singapura

Kuliner halal merupakan bagian yang sangat penting bagi wisatawan muslim, melihat potensi wisata Singapura yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia yang beragama muslim, kini mereka pun menghadirkan wisata kuliner halal yang benar-benar terjamin standarnya.

Kini para wisatawan muslim nggak perlu lagi pusing mencari lokasi kuliner yang terjamin kehalalannya. Keseriusan Singapura dalam memberikan fasilitas kepada wisatawan yang datang, karena negeri tersebut juga diapit dua negara dengan mayoritas penduduk muslim.

Singapura sebagai negeri yang  terletak di antara Indonesia dan Malaysia rupanya melihat peluang tersebut dengan memberikan segala fasilitas bagi wisatawan muslim. Bukan saja kuliner halal, mereka juga menyediakan sejumlah tempat ibadahnya.

Tidak hanya bebas dari daging babi, mereka juga mempersiapkan semuanya berstandar halal. Bahkan mereka pun mensertifikasi kuliner halal tersebut. Hal tersebut penting untuk menjamin bahwa ada lembaga Islam yang menyatakan makanan tersebut tidak mengandung unsur haram. Seperti daging babi beserta turunannya dan juga kandungan alcohol.

Bahkan masyarakat Singapura pun ikut berpartisipasi seperti yang terdapat pada wisata kuliner di food court Kopitiam, di pusat perbelanjaan Changi City Poiny. Disana  terdapat bagian makanan halal dan tidak halal, bahkan setiap kedai memiliki logo khusus.

Peralatan makanan yang digunakan juga memiliki perbedaan. Mereka menyajikan makanan halal dengan peralatan berwarna hijau dan hanya diperuntukan untuk makanan halal, sedangkan peralatan makanan non halal mempergunakan peralatan makanan berwarna putih, sehingga alat makan tersebut tidak akan bercampur.

Bukan sekedar peralatan makanan yang dibedakan, hebatnya lagi mereka pun memperhatikan tempat menaruh alat makanan yang berbeda, sehingga dalam pembersihan alat makan juga tidak akan tercampur, sehingga menjadi sangat mudah dan terjamin bagi wisatawan yang kuliner di Singapura.

Tempat lain, Berseh Food Centre di Jalan Besar, juga punya tempat pembeda. Di sana, ada tray khusus makanan halal dan non halal. Sehingga tidak perlu khawatir, apabila traveler ingin wisata kuliner di Singapura.

Bagi wisatawan yang ingin mencari makanan halal yang paling mudah adalah mencari makanan vegetarian. Tetapi beberapa rumah makan Padang atau Timur Tengah juga bisa menjamin kualitas halal dari makanan tersebut.

Beberapa tempat yang menjual makanan halal di Singapura antara lain kawasan Kampong Glam, Bugis dan beberapa food court di dalam mall. Nah sekarang mudahkan mencari kuliner halal di Singapura sehingga nggak perlu khawatir saat bersantap.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet