Solo Travel? Cermati 5 Tips Ini

Solo Travel memang memiliki pengalaman tersendiri. Meski demikian, kesiapan dan mental sobat pejalan harus dipersiapkan sebelum menjalani solo travel. Nah agar tidak mengalami kendala selama perjalanan.

Tantangan melakukan solo travel memang memberikan pengalaman berbeda, namun tips-tips dibawah ini dapat menjadikan kamu nyaman dalam melakukan solo Travel.

  1. Riset tentang destinasi tujuan

Mengetahui berbagai pengetahuan terkait destinasi yang akan kita tuju merupakan langkah penting sebelum melakukan perjalanan. Selain mencari hal-hal menarik yang ada di sebuah destinasi, cari juga segala resiko buruk yang bisa terjadi di sana.

Setelah mengetahui keuntungan dan kendala pada destinasi tujuan, maka sobat pejalan bisa menyusun jadwal dan mitigasi kendala yang akan dialami.

  1. Persiapkan itinerary

Dari riset yang telah sobat pejalan lakukan, maka sebagai solo travel maka wajib menyusun itinerary hal tersebut karena sobat pejalan harus bijak membagi waktu selama perjalanan, sehingga spot-spot yang akan dikunjungi dapat dilakukan tanpa mengalami kendala.

  1. Melakukan pemesanan secara daring

Persiapan selanjutnya adalah dengan menyiapkan segala pembayaran yang bersifat online, sehingga sobat pejalan tidak akan terkendala dengan masalah-masalah kecil seperti ini. Seperti memesan tiket pesawat, hotel, tempat wisata, sampai penyewaan kendaraan, pastikan  sobat pejalan telah memesannya melalui online. Sehingga sobat tidak harus merasa was-was dengan kalkulasi anggaran.

  1. Membawa barang secukupnya

Ini merupakan poin yang yang sangat pentig ketika sobat pejalan melakukan solo traveler. Dari hasil riset akan diketahui kemana sobat akan berlibur sehingga mampu mempersiapkan barang yang hendak dibawa secukupnya.

Hal ini tentunya berpengaruh dengan fisik sendiri jika membawa beban berlebihan. Sehingga efisiensi jenis barang juga menjadi pertimbangan tersendiri.

  1. Mencatat nomor darurat di kertas

Ini hal yang sering dilupakan ketika sobat pejalan ingin berlibur.  Tapi mulai sekarang biasakan mencatat nomor darurat di kertas ketika menghadapi kejadian yang tidak terduga. Jangan pernah mengandalkan gawai yang canggih saja.

Beberapa nomor darurat yang wajib dicatat antara lain nomor telepon kerabat terdekat, nomor telepon hotel tempat menginap, nomor telepon polisi dan rumah sakit setempat, serta nomor kedutaan besar Indonesia jika Anda solo travel ke luar negeri.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet