Tips Hindari Kantong Jebol Saat Backpacker ke Labuan Bajo

Tips Hindari Kantong Jebol Saat Backpacker ke Labuan Bajo

Backpacker merupakan metode berwisata dengan budget murah yang sangat trend sejak satu dekade ini. Saat ini untuk berlibur ke Labuan Bajo pun banyak wisatawan yang menjadi backpacker agar bisa menikmati keindahan Indonesia Timur tersebut.

Keindahan alam kawasan Nusa Tenggara Timur ini memang tidak bisa dibantah. Pemandangan yang indah dengan penduduk yang ramah menjadikan kawasan ini menjadi tujuan para backpacker. Salah satu wisata premium Indonesia adalah Pulau Komodo yang masuk dalam pemerintahan di Labuan Bajo.

Sehingga tidak sedikit wisatawan yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Meski telah backpackeran tetapi kamu bisa lebih menghemat pengeluaran ketika berlibur kesana. Berikut beberapa tips agar kantong tak jebol yang bisa kamu lakukan:

  1. Datang saat low season

Meski tips ini terkesan klasik, namun berlibur dimasa low sason memang membuat perbandingan biaya yang dikeluarkan menjadi berbeda. Ketika kamu berkunjung di akhir tahun maka itu masuk dalam mas liburan panjang atau high season dimana lokasi banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Nah bagi kamu yang ingin hemat saat berkunjung ke Labuan Bajo sebaiknya hindari perjalanan dibulan November-Desember. Selain harga akomodasi yang meroket pada bulan tersebut masuk pada musim hujan sehingga tidak akan maksimal mengeksplore destinasi wisata di Labun Bajo.

Alangkah baiknya, jika kamu berkunjunhg pada bulan Juli hingga September selain memiliki cuaca yang masih masuk di musim panas. Sehingga kamu bisa menikmati spotspot wisata yang indah di Labuan Bajo dengan maksimal.

  1. Kombinasikan perjalanan udara dan darat

Langkah penghematan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengkombinasi perjalanan  udara dan darat. Untuk menghemat perjalanan ke Labuan Bajo kamu juga bisa menempuh perjalanan darat. Dengan menggunakan bus dari Lombok.

Perjalanan backpackeran bisa kamu mulai dari Mataramm dengan waktu tempuh hingga 24 jam. Umumnya dalam bus antar propinsi tersebut sudah termasuk jasa makan malam, tiket penyeberangan kapal.

Untuk harganya bisa mencapai ratusan ribu, tetapi kamu tidak akan bosan, karena sepanjang perjalanan kamu akan disuguhakn pemandangan indah Nusa Tenggara Barat. Namun jika berpergian menggunakan bus, bawalah vitamin untuk menjaga kesehatan.

  1. Buat itinerary sendiri

Sebelum kamu berangkat untuk traveling ke Labuan bajo sebaiknya kamu membuat itinerary sendiri, riset terkait perjalanan kamu tentu sangat penting. Kamu bisa menyusun spot-spot perioritas dan terkenal di Labuan Bajo yang harus kamu kunjungi.

Dengan melakukan riset terkait pengetahuan wilayah dan spot wisata yang akan kamu kunjungi, maka kamu tidak akan kebingungan ketika sampai di Labuan Bajo. Jangan sungkan untuk mengunjungi grup backpacker yang banyak di media sosial.

Kamu bisa bertanya langsung dan mendapat pengetahuan dan masukan dari anggota grup yang telah melakukan perjalanan ke Labuan Bajo, sehingga kamu bisa mendapatkan harga penginapan yang murah, rekomendasi orang-orang di Labuan Bajo yang dapat membantu kamu saat traveling kesana.

  1. Pergi dengan kelompok

Nah ini merupakan tips yang sangat ampuh untuk kamu yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Lakukan perjalanan ke Labuan bajo dengan cara berkelompok. Dengan melakukan share cost maka biaya yang kamu keluarkan akan semakin hemat.

Berpergian atau solo traveling bukanlah sebuah perjalanan yang murah. Karena ketika kamu akan mengunjungi daerah yangidak memiliki transportasi umum, maka kamu akan menyewa sebuah kendaraan yang tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Selain berjalan dalam sebuah kelompok dapat memberikan rasa lebih aman untuk saling melindungi. Dengan melakukan backpackeran secara kelompok mampu menghemat biaya sehingga kantong tidak akan jebol.

Kamu bisa share cost atau patungan ketiak harus menyewa kendaraan, perahu saat menjelajahi pulau, hingga biaya penginapan, dimana biaya penginapan bisa ditanggung rata oleh jumlah orang. Hasilnya tentu akan menjadi lebih murah dibandingkan harus berpergian sendiri.

Itulah beberapa tips agar terhindar kantong jebol ketika mengunjungi Labuan Bajo, sehingga kamu biaya yang telah kamu anggarkan bisa mengeksplor spot-spot wisata Labuan Bajo lebih banyak.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet