fbpx
Tips Merencanakan Liburan Hemat dan Menyenangkan - pejalan.id

Tips Merencanakan Liburan Hemat dan Menyenangkan

Akhir tahun menjadi momen favorit untuk berlibur. Apalagi sekarang liburan menjadi hal menyenangkan dan banyak diagendakan hampir semua orang untuk melepas kepenatan bekerja.

Ada banyak destinasi liburan indah yang bisa dikunjungi setiap saat, baik itu yang berada di dalam negeri ataupun yang berada di negeri orang. Namun apapun destinasi pilihan kamu, semua ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup banyak, tergantung fasilitas dan cara kamu menikmati liburan itu sendiri.

Agar liburan bisa menyenangkan tanpa menjadi beban setelah kembali, kita harus merencanakannya lebih matang. Cara kamu menikmati liburan akan sangat mempengaruhi budget, sehingga sangat penting untuk mengatur segala sesuatunya sejak awal. Jangan sampai niat kamu untuk liburan dan menikmati hari yang santai, justru berujung dengan sejumlah masalah keuangan di kemudian hari. 

Rencanakan Liburan dengan Matang Sejak Awal

Meski akan bepergian sendiri tanpa teman, liburan ini tetap harus direncanakan dengan baik sejak awal, terutama jika ini akan menjadi perjalanan yang terbilang cukup panjang. Rencana liburan yang baik bukan hanya akan membuat keuangan kamu tetap aman pasca liburan, namun akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas dan lebih menyenangkan.

Jangan sampai kamu menjalani liburan yang buruk dan tidak berkesan, hanya karena tidak memiliki rencana perjalanan yang tepat. Bagaimanapun juga, tujuan kamu berlibur tentu untuk bersenang-senang, bukan?

Simak cara merencanakan liburan sendiri tanpa beban berikut ini, agar liburan kamu maksimal dan menyenangkan:

1. Pilih Destinasi Liburan yang Tepat

Tips Merencanakan Liburan Hemat dan Menyenangkan - pejalan.id

Ke mana kamu akan berlibur dan berapa lama? Kedua hal ini menjadi poin pertama yang wajib kamu pertimbangkan. Destinasi liburan memang memiliki andil yang cukup besar untuk menentukan kualitas liburan kamu, namun hal yang tak kalah pentingnya adalah menyesuaikan destinasi ini dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu merencanakan liburan ke destinasi yang jauh dan membutuhkan banyak uang, sementara keuangan kamu tidak mendukung untuk hal tersebut. Jika ini yang terjadi, maka keuangan akan terbebani dengan sejumlah utang pasca liburan nanti.

Untuk memilih destinasi liburan terbaik, maka akan sangat tepat jika kamu melakukan survey terlebih dahulu. Bukan mendatangi lokasinya langsung, namun kamu bisa melakukan survey ini secara online dan cepat. Dapatkan informasi terkait dengan destinasi liburan yang kamu kunjungi, termasuk budget yang akan kamu butuhkan untuk perjalanan liburan ini.

Ada banyak situs perjalanan dan juga website sejenis yang bisa kamu kunjungi dengan mudah, sehingga kamu bisa leluasa menimbang dan memilih salah satu destinasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keuangan kamu. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang akurat dari situs-situs terpercaya.

2. Susun Agenda Perjalanan Selama Liburan

Jika telah memiliki destinasi pilihan, maka kamu bisa mulai mengatur agenda perjalanan kamu. Untuk hal ini, informasi yang kamu dapatkan secara online tersebut akan sangat membantu. Aturlah agenda perjalanan kamu dengan baik, termasuk pemilihan waktu dan juga transportasi yang akan kamu gunakan selama liburan nanti. Tentukan dan pilih juga penginapan yang akan kamu gunakan, termasuk budget yang akan butuhkan untuk semua akomodasi liburan tersebut.

Jangan lupa untuk menyesuaikan agenda kamu dengan berbagai lokasi wisata yang akan kamu kunjungi nanti, agar semua rencana tujuan perjalanan kamu bisa disesuaikan sejak awal. Jam buka / tutup serta modal transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju berbagai lokasi wisata ini juga sangat penting untuk disesuaikan dengan agendamu. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa lebih mudah dan menyenangkan dalam menikmati liburan.

kebutuhan

3. Hitung Budget-nya

Perhitungkan berapa budget yang akan dikeluarkan selama liburan. Jika kedua poin di atas telah kamu lakukan dengan tepat, maka kamu bisa mulai menghitung budget liburan kamu. Lakukan hal ini dengan teliti, agar keuangan kamu tidak bermasalah setelah pulang liburan nanti. Setidaknya, kamu harus memasukkan beberapa komponen penting ini dalam budget liburanmu:

  • Tiket perjalanan dan tempat wisata, serta transportasi lainnya.
  • Penginapan.
  • Makan dan minum selama liburan.
  • Belanja dan oleh-oleh.
  • Biaya tidak terduga.

Pastikan semua biaya tersebut kamu masukkan ke dalam budget liburanmu, agar kamu bisa mempersiapkannya dengan baik sejak awal. Komponen biaya tak terduga bisa dialokasikan dalam porsi yang cukup besar (misalnya 20% dari total biaya).

4. Pesan Tiket dan Atur Perjalanan Jauh-Jauh Hari

Saat rencana liburan telah diatur dengan baik, maka tidak ada salahya untuk membeli tiket perjalanan kamu. Memesan sejak jauh-jauh hari, akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Kamu juga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk memanfaatkan promo atau potongan harga lainnya yang diberikan oleh maskapai penerbangan.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan ketika memesan hotel. Pastikan kamu memilih waktu terbaik saat melakukan pemesanan, sehingga kamu bisa mendapatkan harga paling murah dan ramah di kantong. Beberapa hotel juga menyediakan voucher atau potongan harga pada waktu-waktu tertentu, dan kamu bisa memanfaatkan itu untuk menghemat perjalanan liburan.

Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit kamu untuk pembelian tiket dan juga pemesanan hotel ini, terutama jika ada kerja sama dengan bank penerbit dan bisa memberikan kamu potongan harga yang menarik.

5. Siapkan Dana Cadangan

Meski budget liburan telah diatur dengan baik, sangat penting bagi kamu untuk memiliki sejumlah dana cadangan dalam perjalanan ini. Siapkan sejumlah dana cadangan untuk liburan, agar keuangan tidak terganggu setelah masa liburanmu usai nanti.

Selalu ada kemungkinan kamu mengeluarkan lebih banyak uang, di luar rencana budget liburan yang telah kamu susun sebelumnya. Hal seperti inilah yang akan kamu atasi dengan sejumlah dana cadangan ini, sehingga keuangan kamu tidak akan terganggu akibat adanya pembengkakan biaya liburan tersebut.

Kamu bisa menyiapkan dana cadangan ini dalam jumlah tertentu dan memisahkannya dalam rekening khusus yang tidak akan tercampur dengan dana liburan kamu. Hal ini akan mempermudah kamu dalam mengelola dana cadangan ini dan mencegah kamu untuk menggunakannya dengan sengaja (ketika tidak terlalu dibutuhkan).

6. Makan dan Belanja dengan Bijak

Selama liburan, orang selalu memiliki kecenderungan untuk lebih gampang membelanjakan uang mereka, bahkan untuk hal-hal yang tidak begitu perlu. Ini harus dihindari, sebab bisa saja membuat pengeluaran liburan membengkak dari budget awal.

Makan dan belanjalah dengan bijak, sebagaimana ketika kamu belanja biasa (tidak liburan). Atur belanjanya sesuai budget yang telah dihitung. Kontrol juga diri kamu saat akan membeli oleh-oleh. Pastikan kamu membeli oleh-oleh dalam batas yang wajar saja dan tidak berlebihan. Cari dan pilih tempat / pusat oleh-oleh yang murah dan lengkap, sehingga kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk mendatangi beberapa toko oleh-oleh untuk keperluan yang satu ini.

7. Hemat dan Tetap Konsisten pada Budget Awal

Pastikan kamu tetap hemat dan konsisten pada budget awal yang telah kamu susun, agar keuanganmu tetap aman dan bebas beban setelah liburan. Hal ini juga akan memungkinkankamu untuk memiliki perjalanan liburan yang lebih berkesan dan menyenangkan, mengingat kamu bisa menjalaninya sesuai dengan rencanamu sejak awal.

Liburan selalu identik dengan senang-senang dan biaya yang kerap tak terkendali, terutama bagi mereka yang tidak merencanakannya dengan baik. Hal ini tentu patut untuk kamu hindari, agar masalah keuangan tidak muncul setelah liburan usai. Rencanakan dan jalani liburanmu dengan hemat dan menyenangkan, sehingga berbagai beban dan masalah keuangan pasca liburan bisa dihindari dengan baik sejak awal.

Tentang: Tim Pejalan
Admin Pejalan

Comments

No comments yet