Tips Pendakian  Gunung Pada Musim Hujan

Pendakian gunung pada  musim hujan seperti sekarang ini, memang harus mempertimbangkan secara matang. Jika sebelumnya ada beberapa tips untuk berwisata air terjun dan pantai, maka kali ini adalah tips ketika mlakukan pendakian gunung di musim hujan.

Kegiatan pendakian gunung merupakan salah satu wisata yang mengundang adrenalin dan tantangan.  Namun ketika sobat pejalan terlanjur cinta dengan pendakian gunung tentu tidak akan melihat musim hujan atau kemarau.

Meski demikian, untuk melakukan pendakian gunung pada musim hujan tentu lebih berat dibandingkan dengan musim kemarau. Terutama persiapan fisik yang prima menjadi salah satu faktor keberhasilan dan keselamatan pendakian.

Nah sebelum melakukan pendakian gunung pada musim  hujan, berikut beberapa tips yang dapat sobat pejalan pertimbangkan.

1.Lakukan latihan fisik sebelum melakukan pendakian gunung

Banyak kecelakaan yang terjadi ketika pendakian gunung karena tidak pernah melakukan latihan fisik. Sehingga menambah persentasi terjadinya sebuah kecelakaan. Sobat pejalan yang ingin melakukan pendakian gunung sebaiknya melakukan latihan lari minimal seminggu 3 kali. Dari berlari mengelilingi komplek atau lapangan hingga berlari naik turun tangga.

Jika tubuh sehat dan bugar, maka fisik telah beradaptasi dengan kondisi alam yang berat, basah, dan dingin. Kondisi tubuh yang letih tentu akan membuat daya tahan tubuh sehingga lingkungan yang basah dan dingin bisa membahayakan jiwa seseorang.

2.Cek kondisi peralatan mendaki

Sebelum melakukan pendakian gunung pada musim hujan sebaiknya, periksa semua perlengkapan pribadi maupun tim, jangan sampai peralatan yang dibutuhkan tertinggal. Selain itu, perbanyak alat pembungkus yang tahan air untuk menjaga peralatan yang tidak tahan air tetap kering .

Mulai dari jas hujan, cover cariel agar tidak terlalu basah, plastik2 ekstrak guna memisahkan pakaian atau barang yang basah agar tidak menyatu dengan barang yang kering.

3.Riset terkait kondisi gunung yang dituju

Sobat pejalan yang ingin melakukan pendakian gunung di musim hujan sebaiknya melakukan riset tentang kondisi gunung yang dituju. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi gunung secara real time, dari cuaca, kondisi trek pendakian, base camp, mata air, dll, sehingga sobat pejalan bisa mempersiapkan peralatan bahkan membatalkan sebuah pendakian gunung yang dituju.

4.Pilih medan pendakian yang mudah

Sobat pejalan yang tetap melakukan pendakian, sebaiknya memilih gunung yang mudah dicapai dengan medan yang tidak menguras tenaga. Karena pendakian gunung dimusim hujan selain menguras tenaga untuk mengatasi medan, energi juga terkuras untuk bertahan dari kedinginan di gunung..

5. Barang bawaan dibungkus plastik

Hujan dapat turun secara dadakan. Untuk menghindari barang bawaan terkena rembesan air, terlebih pakaian ekstra, bungkuslah dengan plastik. Beberapa barang bawaan bisa rusak jika terkena air, seperti senter atau kompor. Maka penting menjaga barang bawaan tetap kering.

6. Hindari pendakian pada malam hari

Nah faktor lain sebelum sobat penjalan melakukan pendakian pada masim hujan. Sangat dilarang melakukan pendakian pada malam hari. Hal ini tentu sangat berbahaya dan mengundang resiko yang sangat besar. Selain melawan medan, dinginnya gunung, dan basahnya musim hujan membuat fisik digenjot sangat hebat, sehingga bisa menurunkan daya konsentrasi dan bisa berakibat tersasar di hutan.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

No comments yet