Trend dan Strategi Dunia Wisata Bertahan di Masa Pandemi

Trend dan Strategi Dunia Wisata Bertahan di Masa Pandemi

Trend dan strategi dunia wisata sekarang ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha pariwisata agar dapat bertahan di masa pandemi. Pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan pemerintah tentu memukul dunia pariwisata yang ditutup guna menghadapi penyebaran virus Covid 19.

Dampaknya banyak usaha yang mengandalkan wisatawan mengalami kebangkrutan. Meski demikian, keterbatasan yang dialami akibat pandemi ini tentu harus disikapi dengan membaca dan trend dan strategi di dunia pariwisata.

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kini juga banyak kreativitas dari pelaku usaha untuk menawarkan destinasi dan jenis wisata baru untuk ditawarkan kepada traveler, agar dapat bertahan di masa pandemi.

Pembatasan pemerintah terhadap aktivitas masyarakat ditambah rasa khawatir masyarakat terjangkit Covid 19 menciptakan destinasi baru yang bersifat lokal. Masyarakat yang membutuhkan refreshing kini mencari lokasi terdekat dari wilayah hanya untuk sekedar melepaskan penat dari kehidupan kota.

Kendala dan permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha di sektor pariwisata ini tentunya semua sama, diakibatkan oleh sepinya pengunjung yang datang. Meski demikian, kreativitas dan strategi mencari peluang menjadi kunci keluar dari permasalahan tersebut.

Kini banyak pemandu wisatawan yang memutar otaknya agar dapat bertahan dimasa sulit seperti sekarang ini. Masyarakat sekarang ini lebih memperhatikan kesehatan ketika traveling membuat sektor wisata sambil olahraga menjadi pilihan ideal yang harus dijalaninya.

Desa Wisata dan Olahraga

Untuk itulah kini wisata di kawasan pedesaan akan menjadi trend di masa atau pasca pandemi. Selain berwisata untuk refreshing mereka juga ingin menangkal Covid 19 dengan berolahraga. Karena itu, pilihan bersepeda di kawasan pedesaan, camping, hiking hingga tracking menjadi peluang yang sangat besar.

Wisatawan akan diajak keluar masuk kampung, bermain di bantaran sungai sambil menyaksikan kehidupan di desa dan menikmati masakan sederhana di tengah perjalanan mereka. Atau bisa naik atau turun bukit disekitar pedesaan.

Keliling kota sambil menikmati kopi

Namun bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana kota ketika liburan, tentu bisa mengikuti tour menikmati secangkir kopi di dalam sebuah bus pariwisata yang berkeliling kota. Dengan santai menikmati kopi masyarakat juga tidak jenuh karena bisa berkeliling dengan protokol kesehatan yang dipromosikan.

Jika hanya berkeliling kota akan membosankan, maka kini di Yogyakarta semakin menambah jangkauannya dengan melewati spot-spot foto yang menarik.  Pilihan bandara YIA sebagai spot foto, Sunset Plaosan, Bukit Bintang, hingga Svargabumi Borobudur Area.

Sementara itu, didalam bus pun wisatawan akan disuguhkan berbagai kopi dari seluruh Indonesia. selain mendapatkan pengetahuan tentang kopi nusantara dan luar negeri, mereka juga bisa menikmati msuik-musik tentang Yogya.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet