kampung batik semarang 5

Kampung Batik Semarang

 
0.0 (0)
97 0 6 0
kampung batik semarang 2
kampung batik semarang
kampung batik semarang 4
kampung batik semarang 1
kampung batik semarang 3

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten
Kode Pos
50227

Kampung batik Semarang merupakan spot souvenir yang bisa dituju ketika berada di kotra Semarang, Jawa Tengah. Disini kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar membantik dan membeli batik.

Lokasi Kampung Batik Semarang cukup dekat dari pusat kota Semarang. Jika Anda dari Pasar Johar, silahkan menuju ke arah Jalan Patimura atau Jalan Dr Cipto. Sedang jika dari Simpang Lima, bisa menuju Jalan MT Haryono, terus saja ke arah Pasar Johar.

Setelah sampai Bundaran Bubakan arahkan kendaraan ke arah Jalan Patimura. Sebelum masuk Jalan Patimura, akan tampak Hotel Djelita, tidak jauh di sebelah kirinya ada gapura cukup besar, dan ada plang bertuliskan Jl. Batik.

Kampung Batik Semarang pernah mengalami kejayaan sebelum akhirnya pada tahun 1942 terbakar, saat itu Semarang masih dalam masa pendudukan Jepang. Sejak saat itu Kampung Batik Semarang seolah mengalami mati suri.

Usaha untuk membangkitkan kembali Kampung Batik Semarang pernah juga dirintis pada awal tahun 1980 namun gagal bertahan dan kembali tenggelam. Tentu banyak faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Sampai akhirnya Kampung Batik Semarang mulai bangkit lagi di tahun 2006.

Sambil terus belajar teknik dan pengembangan batik, baik dengan studi banding atau dengan bertanya pada ahlinya. Pasangan suami istri ini bertekat untuk ikut melestarikan batik Semarang.

Saat ini ada 4 pengrajin batik di Kampung Batik Semarang. Masing-masing tempat usaha ada yang memiliki lebih dari 10 orang karyawan, ada pula yang hanya sekitar 5 karyawan. Sedangkan di Semarang secara keseluruhan, ada sekitar 20 pengrajin batik motif Semarangan, dengan sekitar 600 motif batik khas Semarangan yang telah dikembangkan.

Batik Semarang semakin dikenal luas seperti halnya kuliner Semarang yang memang sudah banyak dikenal dengan lumpia, bandeng presto, wingko babat, dan lainnya. Karena itu dia selalu berusaha untuk mengikuti berbagai pameran dan promosi.

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu