Siropen Telasih

 
0.0 (0)
122 0 4 0
siropen telasih 3
siropen telasih
siropen telasih 1
siropen telasih 2

Lokasi

Provinsi
Kota/Kabupaten
Kode Pos
60175

Info Kontak

Nomor Telp.
(031) 3521166

Siropen Telasih merupakan Pabrik Sirup Pertama di Indonesia. Sehingga tak heran kalo sirup yang berasal dari Surabaya ini dijadikan oleh-oleh bagi traveler yang berkunjung ke Kota Pahlawan.

Produk khas Surabaya ini dibangun oleh JC Van Drongelen asli warga negara Belanda sejak tahun 1923 atau saat Indonesia masih terjajah ini masih tegak berdiri di tengah membanjirnya produk minuman baru di sektiar kita.

Siropen Telasih ini merupakan salah satu produk heritage kota pahlawan Surabaya yang memiliki nilai sejarah dan tradisional tinggi. Sebab, sebelum pabrik ini jatuh ke tangan Indonesia, Siropen Telasih tidak dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat.

Diceritakan, pabrik sirup pertama di Indonesia ini sempat beberapa kali pindah tangan. Pertama pada tahun 1942 setelah Belanda terusir, diambil alih oleh Jepang, kemudian, setelah penjajahan Jepang selesai, pabrik kembali dikuasai oleh Belanda.

Hingga terealisasinya program nasionalisasi oleh pemerintah saat itu, pada tahun 1958 diputuskan semua perusahaan milik Belanda yang ada di Indonesia khususnya Surabaya diambil alih oleh Pemerintah Indonesia.

Setelah itu, pada tahun 1962 pabrik tersebut kemudian diserahkan ke Perusahaan Industri Daerah Makanan & Minuman (PINDA MAMIN ) Pemprov JATIM. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2002, Pabrik Sirup Telasih masuk dalam PT. Pabrik Es Wira Jatim yang merupakan Holding Company dari PT Panca Wira Usaha Jawa Timur (Wira Jatim). Pabrik Siropen Telasih merupakan pabrik sirup pertama di indonesia.

Sejak awal berdirinya pabrik ini J.C Van Drongelen tidak mau menggunakan metode terbaru padahal saat jaman penjajahan di Indonesia, bangsa eropa sudah akrab dengan teknologi modern dan mesin. Kuali besar untuk memasak gula pun masih menggunakan peninggalan jaman Belanda, sedang kayu bakarnya sudah berganti dengan gas. Pabrik ini masih berproduksi dalam skala kecil sehingga pengunjung dapat melihat langsung bagaimana napas industri dari jaman Belanda ini berjaya.

Selain itu, sirup khas Surabaya tersebut sangat ketat dalam memilih gula sebagai bagian dari bahan bakunya, sebagai bentuk komitmen pengelola yang tidak menggunakan pengawet maupun pemanis buatan untuk mempertahankan rasa dan aroma. Terbukti, hingga saat ini Siropen Telasih banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jenis minuman baru di kelas restoran, kafe maupun hotel berbintang di Surabaya maupun kota besar lainnya.

Siropen meluncurkan dua jenis produk yaitu Siropen Telasih dan Siropen Premium. Sebagai produk yang dikhususkan untuk oleh-oleh khas Surabaya, Siropen Premium pun dikemas dengan apik, bentuk botol seperti botol wine dan dilengkapi dengan kotak kemasan yang enteng untuk ditenteng sebagai buah tangan. Dari segi rasa, Siropen Telasih menawarkan 8 (delapan) jenis rasa yaitu Mawar, Frambosen, Vanili, Cocopandan, Jeruk Keprok, Lychee, Arbei dan Melon.

Peta

Swap Start/End

User reviews

Belum ada review untuk listing ini.
Untuk mereview silahkan dulu