fbpx
6 Tips Traveling bareng Pasangan - pejalan.id

6 Tips Traveling bareng Pasangan

Kamu lebih suka liburan bareng keluarga, teman, atau pasangan?

Apa kamu sudah punya rencana mengajak pasanganmu traveling?

Sebelum ngajak si dia, mending kamu baca dulu tips jitu traveling bareng pasangan berikut:

1. Diskusikan rencana liburan dengan matang bersama pasangan

Ini bukan perjalananmu sendiri, tapi perjalanan kalian berdua. Karena itu, libatkan pasanganmu sejak masa perencanaan. Mulai dari destinasi wisata, transportasi, penginapan, biaya yang dibutuhkan, hingga pengeluaran tidak terduga.

Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut dari para travel-blogger di internet. Selain memberikan review pada perjalanan yang pernah dilakukan, biasanya mereka juga akan memberikan berbagai macam rekomendasi untuk liburanmu. Contohnya makanan khas yang harus dicoba atau tempat membeli oleh-oleh yang murah.

Pas bikin itinerary ajaklah dia diskusi. Tanyain dia pengennya ke mana, mau ngapain di sana, penginapan seperti apa yang dia suka, moda transportasi apa yang lebih dia sukai untuk keliling-keliling destinasi.

2. Cari promo

Selain survey harga, rajin-rajin cari promo liburan terbukti efektif bantu kamu meminimalisir pengeluaran. Gak cuma tiket transportasi, tapi juga tiket wisata dan penginapan. Lumayan, sisa uangnya bisa kamu tabung lagi untuk liburan selanjutnya.

3. Bagi-bagi tugas

Masing-masing kalian tentu punya kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan itu, kalian bisa bagi-bagi tugas.

Kalau kamu orangnya analitik dan gemar memecahkan persoalan, kamu bisa berperan sebagai navigator pas traveling. Sebagai orang yang teliti, pasanganmu bisa berperan sebagai bendahara yang bertugas mengatur keuangan dalam perjalanan.

4. Jangan ngotot mencentang “bucket list,” nikmati kebersamaan kalian berdua

Kamu mungkin punya tenaga yang berlebih. Tapi, pasanganmu belum tentu. Karena itu, meskipun kalian sudah menyusun itinerary yang kece banget, jangan terlalu ngotot mengikuti perencanaan itu.

Perjalanan adalah momen bagi kalian berdua untuk lebih saling mengenal. Nikmatilah kebersamaan kalian berdua. Jarang-jarang ‘kan kalian punya waktu buat bareng-bareng kayak gini?

5. Jangan lupa bawa kamera

Gak mau dong momen liburanmu bersama pasangan berlalu begitu saja? Supaya dapat dikenang di kemudian hari, penting banget untuk mengabadikan momen-momen tersebut dengan kameramu, baik dalam bentuk foto maupun video. Hasilnya bisa kamu cetak lalu dipajang sebagai dekorasi kamar.

6. Saling menjaga

Kita nggak pernah tahu apa yang bakal terjadi pas traveling. Tapi, sebagai pasangan, tentulah semestinya kalian selalu saling menjaga keselamatan satu sama lain. Kalau pasanganmu sedang nggak waspada, kamulah yang mesti siaga. Sebaliknya, kalau kamu lagi nggak waspada, pasanganmu semestinya bisa jadi “mata” bagimu.

Jadi, mau traveling ke mana, nih, bareng pasanganmu?

7 Tips Packing untuk Bepergian - pejalan.id

7 Tips Packing untuk Bepergian

Packing, salah satu hal yang merepotkan dan memakan waktu saat akan melakukan perjalanan. Sebelum berangkat, biasanya para pejalan akan di sibukkan untuk memilih barang mana yang akan dibawa, terkadang semua barang terasa penting. Terlebih jika akan melakukan perjalanan lebih dari satu hari.

Berikut tips packing yang bisa di lakukan agar lebih siap untuk mernikmati perjalanan.

 

1. Buat Daftar

Buatlah daftar barang apa saja yang diperlukan selama perjalanan. Pastikan daftar barang-barang yang anda buat dalam list memang diperlukan selama perjalanan. Jangan lupa masukan obat-obatan dalam daftar keperluanmu.

2. Bawa hal yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan

Bawa saja barang-barang yang di butuhkan, misalnya pakaian, perlengkapan mandi, alas kaki (sandal, sepatu), dan periferal alat komunikasi (charger ponsel), perlengkapan dokumentasi, obat-obatan.

3. Jangan terlalu banyak bawa pakaian

Simple is better. Fasilitas laundry sudah bertebaran di berbagai daerah, terutama di destinasi-destinasi wisata yang sudah tenar seperti Jogja, Bali, Lombok, dan Labuan Bajo.

Kalau traveling seminggu, cukup bawa 2-3 setel pakaian. Begitu kotor, tinggal pergi ke kios laundry terdekat. Mau cepat kelar, pilih laundry kilat.

4. Susun barang-barang dengan rapi

Sedikit apapun barang bawaan saat perjalanan, jika menyusunnya tidak benar di tas, tidak akan menjadi ringkes. Karena itu susunlah barang-barang dalam tas dengan baik, terutama pakaian.

5. Kategorikan barang yang di bawa

Kategorikan barang yang dibawa, mulai dari pakaian, alat mandi, barang elektronika, dokumen, hingga kabel. Pembuatan kategori seperti ini untuk mempermudah dalam melakukan pengecekan benda mana saja yang belum terbawa. Masukan per kategori ke dalam kantong, plastik atau tempat kecil lainnya, sehingga akan mempermudah pencarian jika di perlukan.

6. Susun barang berdasarkan prioritas yang dibutuhkan

Penyusunan barang yang baik adalah berdasarkan tingkat seberapa sering benda tersebut dibutuhkan. Peralatan mandi dan baju mandi tentu saja baru kita keluarkan ketika kita sudah masuk ke dalam kamar penginapan. Berbeda dengan kamera atau tisu yang akan lebih sering di butuhkan ketika sedang dalam perjalanan. Gunakanlah ransel dengan ketersediaan saku yang banyak, sehingga mempermudah dalam memisahkan dan mengambil benda-benda tersebut yang memang akan lebih sering di butuhkan.

7. Gunakan tas kecil untuk benda utama

Tas kecil ini bisa di pakai untuk menempatkan benda-benda penting dan berharga, seperti ponsel, dompet, tiket, kunci penginapan atau lainnya. Tas kecil seperti ini juga mempermudah dalam bergerak tanpa harus bolak-balik menurunkan tas ransel Anda.