Dimanakah Kursi Aman Di Pesawat Saat Pandemi?

Dimanakah Kursi Aman Di Pesawat Saat Pandemi?

Traveling di masa pandemi seperti sekarang ini bikin membuat traveler menjadi was-was. Apalagi ketika kamu harus menggunakan pesawat yang tentunya memiliki resiko besar terpapar Covid 19. Memilih kursi aman di pesawat menjadi langkah penting  agar tidak terpapar virus tersebut.

Tak dapat dipungkiri penyebaran virus Covid 19 dari luar negeri bisa masuk melalui jalur penerbangan yang membawa orang asing. Sehingga resiko tertular virus ini lebih tinggi ketika kamu melakukan penerbangan. Untuk meminimalisir maka perhatikan tempat kamu duduk selama penerbangan.

Untuk mengurangi rasa khawatir terhadap penyebaran virus ini, maka kamu bisa memilih kursi aman dipesawat. Karena transportasi menggunakan pesawat tetap menjadi primadona pilihan ketika harus mobilitas.

Tingginya angka pengguna transportasi pesawat tentu menjadi angin segar bagi industri penerbangan yang sedang bertahan. Meski banyak orang yang tetap merasa khawatir ketika harus menggunakan moda transportasi pesawat.

Secara teknis dalam sebuah pesawat selalu dilengkapi dengan fasilitas HEPA filter yang berfungsi untuk menyaring udara dan membunuh mikro organisme di dalam kabin. Jika tetap merasa khawatir letak kursi yang aman di pesawat  juga bisa menngurangi rasa ke khawatiran kamu.

1.Pilih kursi pesawat di bagian dekat jendela.

Dari berbagai sumber, para pakar medis hingga perjalanan menyatakan kursi yang aman di  pesawat sehingga maksimal terhindar dari paparan virus Covid 19 adalah bangku yang berada di dekat jendela. hal ini tentu lebih aman jika dibandingkan kursi yang terletak di lorong kabin.

Hal ini tentunya bukan berarti 100 persen aman. Kursi pesawat yang dekat jendela karena memang tidak dilewati oleh banyak orang. Berbeda kursi pesawat yang letaknya di lorong, maka akan menjadi akses orang bolak-balik, sehingga meningkatkan resiko.

2.Kursi bagian depan atau belakang

Pada intinya kamu harus memilih bagian kuris aman di pesawat yang tidak dilalui oleh banyak orang. Kursi bagian belakang atau paling depan juga bisa menjadi pilihan aman ketika kamu harus berpergian dengan menggunakan pesawat.

Ketika berada di kabin pesawat, kursi pada bagian ini memang sangat jarang dilalui banyak orang. Meski masih tetap dilalui oleh para crew pesawat. Tetapi lebih baik dibandingkan jika kamu duduk di kursi tengah dan bagian lorong.

3.Bangku berjarak atau kelas bisnis

Sementara itu, kursi aman di pesawat selanjutnya adalah pesawat yang menerapkan protokol kesehatan dengan memberikan jarak pada kursi penumpang. Hal ini tentu akan membatasi daya angkut penumpang hingga 50 persen.

Jika maskapai tidak menerapkan hal tersebut, maka kamu bisa memilih kursi pesawat yang memiliki jarak cukup luas, seperti kursi pesawat yang terletak didekat pintu darurat atau kelas bisnis yang lebih besar dan sedikit orang.

Ketika berada dikursi dekat pintu darurat maka pada umumnya kabin pesawat memberikan ruang yang lebih luas dibandingkan pada bagian lain. Karena pada daerah ini memang digunakan sebagai lokasi evakuasi penumpang jika terjadi kecelakaan.

Meski demikian, terlepas dari letak posisi kursi aman di pesawat, sebenarnya tingkat terpapar corona relatif lebih rendah jika dibandingkan di bandara. Hal ini dibandara kamu akan bertemu banyak orang dari berbagai manca negara sehingga meningkat resiko tertular.

Untuk itulah dengan ketat menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan handsanitizer maka bisa mengurangi penularan Covid 19 dan mengurangi rasa khawatir ketika melakukan penerbangan.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet