Tips Aman Di Jalan Tol Saat Traveling

Tips Aman Di Jalan Tol Saat Traveling

Beberapa hari belakangan ini pemberitaan terkait kecelakaan dijalan tol menghiasi seluruh media massa. Meski jalan tol membantu mempercepat arus lalu lintas, tapi bagi kamu yang ingin traveling jarak jauh dan menggunakan jalan tol tentu harus memperhatikan beberapa tips agar tetap aman.

Karakteristik jalan tol luar kota yang lenggang dan kondisi jalan yang bagus, membuat traveling kamu ingin cepat sampai tujuan sehingga menyelepelekan beberapa aturan saat mengendarai mobil di jalan tol. Hal inilah yang bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Nah, ketika kamu ingin traveling jarak jauh dan melalui jalan tol, maka beberapa tips ini bisa kamu terapkan saat berkendara:

  1. Pahami penggunaan jalur lalu lintas

Di jalan tol terdapat pembagian jalur yang harus kamu ketahui sesuai dengan kecepatan kendaraan. Sebelah kanan diperuntukan bagi kendaraan yang ingin mendahului. Sedangkan jalur pada sebelah kiri di pergunakan untuk kendaraan yang berjalan lambat seperti truk dan bus.

Selain itu, terdapat bahu jalan di luar tiga lajur utama, fungsinya digunakan hanya untuk kendaraan yang berada dalam keadaan darurat, misal mobil ambulans. Kendaraan yang mengalami masalah teknis sehingga terpaksa harus berhenti.

  1. Ketahui batas kecepatan kendaraan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4, batas kecepatan di jalan tol yaitu 60 hingga 100 kilometer per jam, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di sisi jalan tol. Dengan begitu, para pengendara harus ingat, jangan mengutamakan cepat, tetapi juga harus selamat.

  1. Jaga jarak dengan kendaraan lainnya

Mengatur jarak di jalan tol atau jaga jarak kendaraan dengan yang berada di depan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar mobil terhindar ketika terjadi kecelakaan di depannya sehingga memiliki waktu untuk menghindar tabrakan beruntun.

Cara termudah untuk menghitung jarak aman adalah dengan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan Anda. Perhitungan tiga detik ini merupakan hasil perhitungan dari waktu reaksi manusia saat melihat suatu kondisi sampai dengan mengambil tindakan memerlukan waktu kurang lebih dua detik dan juga waktu reaksi mekanikal yang membutuhkan kurang lebih satu detik.

  1. Pastikan performa mobil dalam keadaan yang baik

Selain aturan-aturan yang diterapkan di jalan tol, nyatanya terdapat faktor lain yang harus diperhatikan, yaitu memastikan performa mobil dalam keadaan baik dan normal. Pastikan bahan bakar mobil sudah terisi dalam batas aman, pengecekan rem, lampu sein, klakson, hingga tekanan ban serta wiper yang membantu pengendara di saat musim hujan seperti sekarang ini.

  1. Kondisi pengemudi dalam kondisi prima

Nah ketika semua sudah kamu lakukan. Maka sebaiknya sebelum kamu melakukan traveling dengan berkendara jarak jauh untuk mempersiapkan fisik yang prima sebelum mengemudi. Tidak dalam kondisi kurang tidur dan tidak terpengaruh oleh alkohol. Selain itu menggunakan sabuk pengaman sebagai fasilitas keamanan ketika berkendara.

 

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet