Tips Aman Menginap di Hotel Versi WHO

Tips Aman Menginap di Hotel Versi WHO

Pandemi Covid 19 yang telah berlangsung selama hampir 2 tahun ini telah membuat masyarakat was-was jika harus berpergian jauh dan menginap di hotel. Meski demikian, terkadang kita terpaksa karena tuntutan pekerjaan harus ke luar kota dan menginap dihotel.

Walaupun kampanye terkait protokol kesehatan terus dilakukan. Namun angka penuluran Covid 19 di Indonesia cukup tinggi. Sehingga wajar saja jika masih banyak masyarakat Indonesia khawatir tertular virus corona.

Langkah antisipatif dari pengusaha hotel pun terus dilakukan agar tamu yang menginap di hotel merasa nyaman dan aman. Bahkan pemerintah juga telah menerapkan aturan tersendiri bagi para pengusaha hotel untuk melakukan prokes secara ketat.

Tak hanya itu, kini banyak manajemen hotel pun menjadikan langkah antisipasi dengan menerapkan standar protokol kesehatan sebagai nilai lebih dari sebuah promo. Mengingat angka okupasi tamu yang menginap di hotel terus menurun.

Jadi ketika kamu ingin traveler dan menginap di hotel maka harus dipastikan hotel-hotel yang telah menerapkan peraturan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan yang harus difasilitasi oleh manajemen hotel.

Menurut WHO atau badan kesehatan dunia, maka beberapa tips dibagikan untuk para traveler yang menginap di hotel.

1.Rajin membersihkan tangan

Langkah ini merupakan tahap awal yang harus dibiasakan bagi kamu yang terpaksa harus keluar kota atau traveling dan menginap di hotel. Direkomendasikan untuk selalu membersihkan tangan selama 20 detik menggunakan hand sanitizer dan 40 detik menggunakan air dan sabun.

Bahkan WHO juga menjelaskan ada beberapa fasilitas hotel yang bisa kamu gunakan, seperti, gym, kolam renang, restoran, pantai disekitar hotel bisa kamu gunakan tetapi memiliki garis merah yang telah diterapkan.

1.Ada batasan terhadap jumlah maksimum orang yang diberikan akses masuk, hal ini bertujuan agar jarak jarak tercipta dan penggunaan masker merupakan perangkt wajib ketika kamu harus beraktivitas disekitar hotel.

2.Pastikan ada tempat cuci tangan pada setiap ruangan atau fasilitas yang diberikan oleh manajemen hotel.

3.Handuk yang tersedia hanya sekali pakai

4.Tempat  sampah yang ada disekitar hotel harus senantiasa tertutup sehingga lebih terjaga kebersihannya.

5.Untuk beberapa area yang banyak menjadi interaksi antara manusia maka menjadi area yang harus di semprot disinfektan secara teratur sepanjang waktu.

2.Perhatikan prokes pada restoran

Nah ketika kamu makan direstoran maka alangkah baiknya jika memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan oleh restoran tersebut. Meski tidak ada kajian penyebaran virus ini melalui makanan, tetapi aktivitas disekitar restoranlah yang harus di waspadai.

Untuk restoran yang menerapkan metode prasmanan maka sebaiknya dihindari, hal ini tentu disebabkan resiko kontak fisik dengan para tamu yang lain dan peralatan yang disentuh. Sehingga menyebabkan resiko penularan semakin tinggi.

Bahkan WHO juga merekomendasikan ruangan hanya terbagi untuk 4 orang dalam sebuah ruangan 10 meter. Jarak antara belakang kursi dengan kursi yang lain sebaiknya berjarak 1 meter. Begitu juga dengan tamu yang duduk berhadapan. Bahkan saat kamu meninggalkan ruangan restoran juga disarankan untuk mencuci tangan.

3.Penggunaan AC atau kipas angin di tempat umum

Sirkulasi udara merupakan faktor penting yang harus di perhatikan. Jendela atau ventilasi tentu dapat mencegah penyebaran virus corona. Sirkulasi udara dari AC, kipas, atau alat sirkulasi apapun harus dihindari jika memungkinkan.

Jika ada jendela maka sebaiknya dibuka agar terjadi perputaran udara dan meminimalisir hembusan udara dari beberapa orang. Untuk itu, untuk ruangan yang memiliki AC maka harus dilakukan prosedur pembersihan disinfektan setiap saat.

4.Bagaimana jika wisatawan yang sakit berada di hotel atau restoran?

Ketika kamu melihat atau merasakan gejala Covid 19 seperti batuk, demam, suhu tubuh meningkat, dan terlihat kelelahan, maka sebaiknya kamu memberitahukan pihak hotel atau restoran, sehingga manajemen bisa meneruskan kepada satgas Covid 19 dan melakukan isolasi mandiri.

Jika semua tips aman menginap di hotel telah kamu lakukan. Maka tidak perlu khawatir akan tertular Covid 19. kamu cukup berpikiran positif dan menikmati liburan kamu bersama keluarga, sehingga akan menambah kekuatan imun tubuh dan efeknya virus corona pun tak ingin dekat-dekat ddengan kamu.

 

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet