Tips Liburan Hemat Tapi Seru

Tips Liburan Hemat Tapi Seru

Liburan hemat tentu menjadi keinginan setiap traveler, sehingga dengan budget minim bisa merasakan keseruan yang tak terlupakan. Meski sama-sama berada dalam destinasi wisata yang sama namun untuk budget setiap orang berbeda-beda.

Ketika kamu ingin liburan hemat tapi serum kamu bisa kok mengaplikasi beberapa tips berikut ini sehingga liburan kamu tidak bikin kantong bobol. Karena yang penting dalam berlibur adalah kenyamanan dan keseruan melepaskan rutinitas yang membosankan.

Liburan juga tidak harus keluar negeri, banyak kok destinasi wisata di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Nah agar liburan hemat tapi seru berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

liburan tetap bisa hemat dan menyenangkan, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

Tentukan Tujuan Liburan

Merencanakan liburan agar tetap hemat tentu harus diperhitungkan dengan cermat. Salah satunya diawali dengan menentukan terlebih dahulu destinasi wisata tujuan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap ongkos kendaraan yang akan dikeluarkan.

Lakukan browsing terkait dengan destinasi wisata yang telah ditentukan, dari kegiatan yang ada disana, akomodasi, serta paket-paket wisata yang ditawarkan oleh agen travel, sehingga kamu bisa memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.

Ketika kamu sudah menentukan destinasi wisata tujuan, maka kamu bisa memperkirkan transportasi apa yang akan digunakan, harga tiket masuk wisata, penginapan yang termurah hingga termahal, selain itu fasilitas apa saja yang ada disana.

Lakukan Pemesanan Jauh Sebelum Jadwal Liburan Tiba

Ketika kamu telah menentukan destinasi wisata yang akan dituju, maka kamu bisa memesan hotel, tiket transportasi dilakukan pada jauh hari sebelum jadwal liburan tiba. Dengan memesan tiket jauh-jauh hari maka akan memperoleh kesempatan tiket murah.

Selain itu, kamu juga bisa mulai melakukan perselancaran di komunitas traveling untuk mencari promo atau discount tiket transportasi maupun hotel. Sehingga kemungkinan mendapatkan tiket pesawat, kereta, atau hotel yang murah akan terbuka libur, dan tentunya hal tersebut dapat menekan biaya yang akan kamu keluarkan.

Hindari Berangkat di Musim Liburan

Hindari berangkat pada musim libur atau high season. Karena banyak orang yang akan berangkat di musim libur menyebabkan harga tiket pesawat, kereta, hingga kamar hotel menjadi lebih mahal dari biasaya.

Jadi kalau kamu tidak ingin liburan kamu menguras kantong, maka sebaiknya mengambil waktu diluar musim liburan. Sehingga ketersedian tiket transportasi dan penginapan berlimpah dan merka akan memberikan discount untuk memancing wisatawan.

Kenyamanan Lebih Penting dari Kemewahan

Nah ini merupakan inti dari sebuah perjalanan wisata, kenyamanan bukan harus mewah. Karena tujuan liburan adalah melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Sehingga ketika kamu merasa nyaman saat berlibur maka itu sudah cukup.

Tidak perlu mengedepankan liburan mewah, menginap di hotel mewah, ke destinasi wisata yang mahal, dan lain sebagainya. Asalkan liburan bisa nyaman, tentunya sesuatu yang menyenangkan juga akan dirasakan saat liburan.

Gunakan Uang Tunai

Membawa uang tunai merupakan salah satu cara agar liburan kamu tidak boros  dan tetap terkontrol. Dengan membawa uang tunai tentu akan meminimalisir kemungkinan berbelanja sesuatu yang tidak penting.

Penggunaan ATM ataupun kartu kredit saat liburan jika dalam kondisi terdesak saja. Jika masih ada uang tunai maka gunakanlah uang tunai. Sehingga pengeluaran terkontrol dan tidak asal gesek, sehingga akan kaget ketika tagihan datang.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar liburan tetap hemat tapi tetap seru lho!.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet