Traveling Aman Ke Tempat Wisata

Traveling Aman Ke Tempat Wisata

Selama hampir 2 tahun ini pandemi menyerang dunia, banyak aktivitas masyarakat yang dibatasi, sehingga banyak traveler yang bosan dirumah telah merencanakan untuk traveling. Lantas bagaimana traveling aman ketika mengunjungi sebuah tempat wisata.

Berdasarkan peraturan pemerintah yang tertuang dalam keputusan Menteri Kesehatan No.HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang prokes bagi masyarakat di tempat atau fasilitas umum guna mencegah penyebaran viru corona.

Nah buat kamu yang ingin traveling aman saat berkunjung ke suatu tempat wisata maka perhatikan 7 poin yang harus kamu terapkan untuk pencegah penuluran Covid 19 di sebuah tempat wisata.

1.sebelum kamu merencanakan traveling, maka sebaiknya traveling aman berasal dari diri sendiri. Sebaiknya kamu memastikan diri sendiri dalam kondisi prima ketika mengunjungi destinasi wisata. Tapi jika kamu mengalami gejala batuk, pilek, demam, dll, maka sebaiknya kamu tetap berada dirumah dan segera memeriksakan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

2.Selalu menggunakan masker

Meski kampanye penggunaan masker sangat massif dan menjadi gaya hidup baru, tetapi dalam prakteknya terkadanga sangat sulit. Bukan berarti kita dengan sengaja tidak ingin menggunakan masker di tempat wisata, namun lebih kepada posisi masker yang tidak tepat sehingga tidak memberikan perlindungan yang maksimal.

3.Biasakan sering cuci tangan

Dimana pun kamu berada apalagi pada sebuah destinasi wisata terkenal, maka dapat dipastikan akan bertemu dengan banyak orang. Untuk itu disarankan kamu harus sering mencuci tangan. Untuk itu bawalah hand sanitizer sebagai alternatif jika tidak ditemukan air dan sabun untuk cuci tangan.

4.Jaga Jarak

Jaga jarak di sebuah lokasi wisata sangat penting. Jika kamu memasuki sebuah tempat wisata yang tidak menerapkan jaga jarak maka sebaiknya kamu hindari. Bisa ditempat wisata, rumah makan, stasiun, terminal maupun bandara.

5.Bersihkan tubuh dan peralatan

Langkah selanjutnya jika kamu baru pulang dari tempat wisata maka sebaiknya kamu segera membersihkan tubuh. Mengganti semua baju yang dipakai saat traveling, bahkan kamu juga harus membersihkan peralatan yang kamu bawa seperti handphone, kacamata, tas, dll dengan cairan disinfektan.

Protokol kesehatan untuk pengelola tempat wisata:

Ketika kamu telah menerapkan bagaimana traveling aman di saat pandemi, selanjutnya kamu juga harus memperhatikan bagaimana pengelola tempat wisata menerapkan standar prokes yang telah diatur oleh pemerintah.

1.Disinfektan secara berkala

Sebelum berangkat, mak sebaiknya cari informasi terkait tempat wisata yang menjadi tujuan apakah telah menerapkan penyemprotan disinfektan secara berkala. Traveling aman akan tercipta jika penyemprotan disinfektan dilakukan minimal 3 kali sehari pada area, sarana, dan fasilitas tempat wisata tersebut yang digunakan orang banyak.

2.Pastikan tempat wisata yang akan kamu kunjungi menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun yang mudah diakses oleh pengunjung.

3.Ketika berkunjung ditempat wisata tersebut, maka perhatikan kamar mandi atau toilet bekerja dengan baik, bersih, dan tidak berbau. Selain terdapat petugas yang berjaga disana yang mengawasi protokol kesehatan disekitar toilet dengan selalu membersihkan cairan disinfektan.

4.Memastikan pengelola tempat wisata memiliki pekerja yang selalu menerapkan protokol kesehatan agar dapat melindungi wisatawan yang datang dari penularan Covid 19.

5.Terdapat petugas yang selalu memeriksa suhu tubuh pengunjung, selain itu ada informasi larangan masuk bagi wisatawan yang memiliki gejala Covid 19 seperti, demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas.

6. Terdapat media informasi yang berguna untuk mengingatkan pekerja ditempat wisata dan pengunjung untuk selalu menerapkan prokes seperti pembatasan jarak fisik, selalu mencuci tangan, hingga pengguna masker yang baik.

Ketika kamu telah memperhatikan hal-hal tersebut maka dipastikan kamu telah melakukan traveling aman untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata yang menjadi tujuan. Selamat menikmati!

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet