Trik Staycation Agar Kantong Tak Jebol

Trik Staycation Agar Kantong Tak Jebol

Staycation merupakan salah satu berwisata yang sangat pas pada masa pandemi. Kejenuhan karena pembatasan kegiatan manusia guna virus tidak menyebar membuat banyak masyarakat yang merasa jenuh. Sehingga disela-sela hari libur staycation di sebuah hotel menjadi pilihan.

Ketika banyak masyarakat terkekang selama hampir 2 tahun belakangan ini membuat mereka ingin berlibur dan menikmati destinasi wisata, namun peraturan PPKM yang diterapkan pemerintah pusat untuk wilayah Jawa dan Bali juga membuat sektor pariwisata terutama hotel mengalami hantaman, sehingga tak sedikit hotel yang tumbang atau tutup operasional.

Staycation kini banyak dilakukan masyarakat kota untuk berlibur. Dengan menginap pada sebuah hotel dan menikmati fasilitas hotel, maka telah menjadi obat kebosanan masyarakat menghadapi pandemi yang membatasi aktivitas.

Meski demikian, untuk menginap disebuah hotel memang bukan harga yang murah. Apalagi jika kamu menginginkan hotel dengan fasilitas lengkap, kolam renang, bathup, makan pagi, dll. Tentunya akan membuat liburan keluarga menjadi menyenangkan.

Nah agar staycation kamu sama keluarga bisa menyenangkan tanpa harus kebobolan kantong, maka ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu selama berlibur staycation. Nah agar tabungan tidak terkuras, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Lakukan riset harga pada semua platform yang ada

Ketika akan merencanakan untuk staycation pada sebuah daerah, maka kamu sebaiknya mempersiapkan segalanya dengan matang. Salah satunya dengan melakukan riset di internet terkait dengan perbandingan harga.

Sekarang ini sangat banyak platform yang menyajikan informasi lengkap tentang sebuah hotel hingga booking untuk memesannya. Nah dari sini kamu bisa membandingkan harga beberapa hotel di antara platform yang sudah terkenal dan dipercaya.

Perbandingan harga tentunya dengan mengacu pada ukuran fasilitas yang sama untuk sebuah hotel. Setelah itu kamu bisa mencari hotel yang sama pada beberapa platform. Dengan fasilitas yang sama dan harga yang murah maka menjadi pilihan kamu untuk menentukan pilihan.

1.Bandingkan harga hotel di semua platform atau web

Tiap platform pemesanan hotel punya ragam promo masing-masing. Bisa saja harga 1 hotel bisa berbeda lho. Nah kamu bisa banding-bandingkan harga tiap platform tersebut sebelum memesan.

2.Cari Paket

Pada beberapa platform pariwisata terkadang menyediakan sebuah paket wisata. Nah diantaranya adalah traveloka yang selalu memberikan paket penerbangan dan penginapan. Hal ini tentu dari sisi harga menjadi lebih murah. Atau bisa kamu tambahkan untuk sewa mobil atau paket tur kota di sekitar lokasi staycation kamu.

3.Cari Promo

Sekarang ini sektor perhotelan dan restoran menghadapi imbas yang paling parah selama pandemi. Hotel-hotel yang bertahan pun harus pintar-pintar memutar strategi agar ada tamu yang masuk. Untuk itu mereka pun melakukan beberapa program promo agar hotel dapat bertahan.

Nah dengan kamu berburu promo hotel, maka kamu dipastikan akan mendapatkan harga lebih murah dari pada harga normal. Tidak menutup kemungkinan staycation kamu di hotel bintang 4 atau 5 dengan harga terjangkau.

4.Pesan Hotel dengan View yang Menawan.

Untuk memesan hotel di masa pandemi seperti sekarang ini selain harga murah, tentu kamu harus menentukan daerah mana staycation bersama keluarga. Sebaiknya tidak perlu staycation dihotel yang mewah, tetapi kamu cukup hotel biasa tetapi nyaman dengan pemandangan yang indah.

Banyak hotel biasa yang memiliki pemandangan dan lingkungan yang menjadikan staycation keluarga tidak menjenuhkan. Contohnya kamu bisa pilih staycation di daerah pegunungan, sekitaran pantai, atau sebuah desa wisata. Artinya kamu mendapatkan lingkungan yang berbeda sama sekali dengan tempat tinggal kamu.

5.Bergabung dengan grup backpacker

Nah agar mendapatkan informasi tentang harga hotel yang murah maka kamu juga bisa bergabung dengan sebuah kelompok atau grup backpacker. Banyak grup backpacker di media sosial, nah disana kamu bisa menanyakan segala informasi terkait hotel yang akan kamu pilih.

Selain itu, banyak juga lho informasi promo-promo dengan harga yang cukup wow. Dari promo atau voucher penginapan dengan harga miring hingga tiket pesawat yang lebih murah dari biasanya. Hal ini tentu akan menjaga kantong tidak terkuras.

6.Bawalah makanan dari luar hotel

Ketika kamu staycation maka pengeluaran pada kebutuhan perut menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Jika kamu harus makan di hotel selama staycation tentu tabungan kamu akan terkuras, karena memanng menu makanan di hotel tentu lebih mahal dibandingkan di luar.

Karena itu, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan makan diluar sekitaran hotel sekalian menghilangkan jenuh. Bisa juga kamu membeli dari luar hotel seperti cemilan saat kamu menikmati kebersamaan keluarga saat staycation.

Wah pasti sekarang lagi liat-liat kalender tanggal merah dong, yuk ah, kita staycation dulu bersama kelurga.

Penulis : Administrator Pejalan
Deskripsikan tentang anda

Tanggapan anda

Comments

No comments yet