Ngonthel di Sentolo, wisata sepeda khas Kulon Progo

Duration:
1 Day
Transport:
Bike
Location:
(1 customer review)

Rp300.000

Discount:
Departure:
Total: 300000
Category:

Special offer

Description

Sambil bersepeda Onthel, wisatawan akan diajak untuk masuk ke rumah-rumah warga dan mengenalkan aktivitas yang sedang mereka lakukan. Saat berkunjung ke pengrajin tenun, turis dan wisatawan akan dibekali cara untuk menggunkan alat tenun. Bahkan, diperbolehkan untuk mencoba menggunakan alat tenun.

Begitupula ketika mengunjungi tempat pembuatan tempe. Turis dan wisatawan akan diajak untuk membuat tempe mulai dari pengupasan kedelai hingga tempe telah jadi dan siap untuk dinikmati.

Banyaknya potensi desa, membuat waktu sehari terasa kurang untuk mengunjungi semua tempat. Masih banyak tempat lain seperti tempat pembuatan tas, tempat pembuatan pecut, pasar tradisional, sekolah, hingga proses bertani yang dapat dikunjungi.

Beberapa turis dan wisatawan mengaku enggan  untuk  pulang karena merasa tempat ini sangat nyaman dan jauh dari hiruk pikuk gedung tinggi. Penduduk yang ramah juga menjadi daya tarik tersendiri. “Desa ini memang terbuka dengan kunjungan dari turis dan wisatawan, sehingga keberadaan mereka disambut dengan baik,” ujar Towil.

Masyarakat yang rumahnya akan dikunjungi ataupun tempat pembuatan rumahan yang akan dikunjungi tak pernah diberi tahu terlebih dahulu bahwa turis ataupun wisatawan akan mampir. Alasannya, Towil memang ingin membuat desa dan kegiatannya menjadi sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Jika tempat yang dikunjungi kebetulan tutup, maka Towil akan mengajak turis dan wisatawan untuk ketempat lainnya. Begitupula dengan pengenalan tumbuhan. Buah ceplukan akan tetap dikenalkan sebagai buah ceplukan atau dapat juga terlebih dahulu dibahasakan dengan stroberi lokal.

Wisatawan tidak perlu takut untuk mencoba ikut serta dalan proses pembuatan dan memetik buah-buah yang tersedia. Pasalnya, Towil sudah bekerja sama dengan masyarakat desa yang memiliki tanaman atau buah-buahan yang dipetik oleh wisatawan. “Saya ingin mengenalkan potensi desa kepada dunia,” ungkap Towil penuh semangat.

1 review for Ngonthel di Sentolo, wisata sepeda khas Kulon Progo

  1. Arief Hidayat avatar

    Arief Hidayat

    pengalaman unik bersepeda onthel sambil menikmati suasana pedesaan

Add a review

Your email address will not be published. Required fields are marked *