fbpx
Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Yang Terkenal - pejalan.id

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Yang Terkenal

Oleh-oleh sudah menjadi budaya tentengan  yang harus dibawa pulang bagi traveler Indonesia. berpergian kemana pun, tentu oleh-oleh merupakan barang yang ditunggu keluarga, kerabat, maupun teman-teman. Nah, jika traveler lagi berada di Yogya mak berikut ini rekomendasi oleh-oleh yang terkenal dari kota Pelajar tersebut :

  • Bakpia
Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia
Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia

 

Traveler pasti sudah kenal dengan bakpia kan? Benar sekali, bakpia merupakan jenis kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau yang dimasak dengan cara dipanggang. Bakpia juga erat hubungannya dengan budaya Tionghoa.

Jaman dahulu, bakpia diisi dengan cincangan daging babi, akan tetapi karena pengaruh Islam yang masuk ke Jawa, maka isi bakpia kemudian diganti dengan kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

Salah satu nama bakpia yang terkenal adalah Bakpia Pathok. Bakpia ini berasal dari daerah Pathuk, Jogja. Bentuk bakpia ini bulat kecil-kecil denagn isi kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

Namun, saat ini Anda dapat menemukan olahan makanan oleh-oleh khas Jogja ini dalam berbagai warna dan varian rasa. Hal itu dilakukan guna menarik perhatian pembeli. Anda bisa membeli bakpia dengan rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam, susu, kopi, dan berbagai varian rasa lainnya.

Bakpia ini dijual dengan kisaran harga 28 ribu rupiah hingga 38 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Banyak yang menjajakan bakpia ini, jadi Anda tidak akan bingnug akan membeli bakpia di mana. Namun bila Anda belum tahu juga di mana tempat untuk membeli bakpia, untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

Alamat : Jl. Glagahsari No. 91C, Yogyakarta | Telp. (0274) 380502

  • Yangko
Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko
Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko

Jika dibandingkan dengan bakpia, nama Yangko masih kurang populer dan jarang didengar sebagai oleh-oleh kahs Jogja. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Yangko? Yangko merupakan jajanan yang hampir mirip dengan kue moci, makanan kecil ini terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang cincang.

Yangko memiliki rasa yang lembut, kenyal, dan manis yang siap menggoyang lidah Anda. Jajanan yang satu ini juga salah satu makanan oleh oleh yang banyak digemari oleh wisatawan. Pastinya rasa yangko ini tidak kalah oleh rasa bakpia.

Tempat terbaik untuk menemukan Yangko adalah di kawasan Kotagede, karena dari sinilah jajanan Yangko ini bermula. Kue Yangko ini dijual dalam harga yang variatif, berkisar 8 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

Alamat : Jl. Pramuka No.82, Yogyakarta | Telp. (0274) 380757

  • Cokelat Monggo
Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo
Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo

Oleh-oleh khas jogja yang satu ini, sekarang banyak dicari oleh para wisatawan. Dan menariknya lagi, rasa Cokelat Monggo ini hampir sama dengan rasa coklat belgia yang teksturnya lembut. Dengan kata lain, membeli Cokelat Monggo, Anda tidak perlu ke belgia untuk merasakan sensasi nikmat coklat Belgia.

Anda bisa pergi ke showroom & factory di mana Cokelat Monggo ini diolah, yaitu di daerah Kotagede. Di tempat tersebut Anda juga bisa membelinya, walaupun saat ini Cokelat Monggo mudah ditemukan diberbagai tempat oleh-oleh yang ada di Jogjakarta.

Saat ini, Cokelat Monggo telah berkembang dan membuka cabang, dengan hampir 150 staf yang tersebar diberbagai kantor di Jogja, Jakarta, dan Surabaya. Meski demikian, produksi utama cokelat Monggo tetap berada di Kotagede Jogjakarta. Berikut alamat showroom & factory Cokelat Monggo.

Alamat : Jl. Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede, Yogyakarta | Telp. (0274) 7102202

  • Geplak
Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak
Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak

Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang bercitarasa manis, termasuk untuk jajanan yang satu ini, geplak. Geplak merupakan jajanan khas Bantul, sebuah kabupaten di Jogja yang dijuluki pula sebagai Kota Geplak. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis, gula, dan tepung beras atau bisa juga tepung ketan.

Saat ini, geplak telah dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna cerah yang menggoda. Di Bantul, Anda dapat menemukan Geplak pada sebuah toko yang juga merupakan produsen geplak, bernama Toko Geplak Jago, yang letaknya di Jln. Wachid Hasyim, Bantul.

Di sepanjang jalan tersebut, juga ada Toko Geplak Mbok Tumpuk. Pada umumnya, Geplak dijual dalam kisaran harga 16 ribu rupiah per kg, tatapi tentu saja harga bisa berubah, apalagi disaat musim liburan, Lebaran, atau pun pengaruh dari harga dolar.

Alamat : Jl. Wachid Hasyim No. 28, Yogyakarta | Telp. (0274) 367727

  • Kain Batik
Oleh-oleh Khas Jogja : Batik
Oleh-oleh Khas Jogja : Batik

Siapa yang tidak mengenal batik, jogja dan batik bisa dikatakan memiliki hubungan yang bisa dikatakan erat kaitannya. Pasar Beringharjo menjadi tempat favorit untuk mendapatkan oleh-oleh khas Yogyakarta, termasuk batik. Sebenarnya tidak hanya batik, di pasar tersebut juga terdapat berbagai barang menarik dan unik lainnya yang dapat Anda jadikan oleh-oleh.

Secara umum, harga batik yang ditawarkan di pasar tersebut relatif cukup murah. Akan tetapi ada baiknya jika Anda perlu memiliki kemampuan menawar harga untuk mendapatkan batik atau barang yang disukai lainnya dengan harga terjangkau, bisa Anda simak di tips belanja murah. Untuk bisa memilih aneka ragam batik, silahkan ke alamat berikut ini :

Alamat : Jl. Pabringan 1, Yogyakarta | Telp. (0274) 515871

  • Kaos Dagadu
Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu
Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu

Kaos khas jogja ini merupakan kaos yang identik dengan kata-kata plesetan khas jogja yang membuat Anda tertawa jika membaca tulisan yang terdapat pada kaos tersebut. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti ‘matamu’.

Hal itu semakin jelas terlihat pada logo kaos yang berbentuk gambar sebuah mata. Dagadu merupakan brand kaos yang telah menjadi bagian identitas wisata Jogja. Saat ini, Anda dapat menjumpai kaos Dagadu dibanyak tempat, baik itu di pasar maupun emperan jalan.

Untuk tempat pembelian, Anda bisa menemukan kaos Dagadu ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan di daerah Pakuningratan. Saat ini terdapat banyak sekali kaos abal-abal yang mencatut nama Dagadu. Agar tak tertipu, sebaiknya Anda membeli di ke-tiga tempat tersebut.

Gerai utama Dagadu dapat Anda jumpai di Unit Gawat Dagadu (UGD) yang berlokasi di Jalan Pakuningratan, dekat Tugu. Di tempat tersebutlah berbagai kaos dagadu dalam varian kreatif dibuat dan diciptakan hingga menjadi bagian oleh-oleh khas Jogja yang menarik hati.

Alamat : Jl. Ikip Pgri Sonopakis 50, Karangwaru , Tegalrejo, Yogyakarta | Telp. (0274) 373493

Bukit Bintang Wisata Ngehits Gunung Kidul - pejalan.id

Bukit Bintang Wisata Ngehits Gunung Kidul

Yogyakarta merupakan kota pelajar yang juga menjadi salah satu kota wisata di Indonesia. selain memberikan wisata sejarah dan budaya, bagi traveler yang berkunjung kesana juga bisa menikmati pemandangan alam yang sedang ngehits, salah satunya adalah Bukit Bintang.

Salah satu bukit yang wajib anda kunjungi ketika berada di kota Jogja adalah Bukit Bintang.  Wisata alam bukit nan menawan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah perbukitan yang alami dan sejuk namun ada beberapa pesona lain yang juga bisa traveler nikmati.

Beberapa keindahan lain itu seperti pesona sunset dan sunrise dari ketinggian membuat suasananya terasa semakin romantis, selain itu di sini juga terdapat banyak sekali spot foto yang instagramable sangat cocok buat muda – mudi yang suka selfie.

Selain pengunjung muda – mudi ada banyak pula pengunjung yang datang bersama keluarga tercinta untuk menenangkan diri dan relaksasi setelah lelah menjalani aktivitas harian selama ini seperti bekerja, kuliah, sekolah, dan masih banyak lagi.

Taman Rest Area via Google Maps

Taman Rest Area via Google Maps

Jika mau berleha-leha disana, spot ini juga memiliki rest area, sehingga traveler yang mengunjungi Bukit Bintang bisa istirahat, bahkan rest area juga banyak digunakan oleh pengunjung Bukit Bintang, hanya sekedar  mampir untuk rehat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh.

 

sobat bisa beristirahat sambil menikmati keindahan alam bukit dan menikmati makanan yang disediakan warung – warung local ditempat ini.

Bukit Bintang dari Restoran The Manglung via IG @abdullikecoffee

Restoran The Manglung via IG @abdullikecoffee

Lokasi Bukit Bintang

Ada banyak sekali wisata dengan nama yang sama. Di kota tetangga mungkin juga memiliki objek wisata dengan nama yang sama, namun biasanya meskipun memiliki nama yang sama biasanya memiliki kelebihan masing – masing. Begitu juga dengan bukit yang instagramable di Gunung Kidul ini.

Nah,  agar traveler tidak salah lokasi maka sobat bisa langsung menuju jalan Wonosari Km 15-17 Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit Bintang ini gampang kok ditemukan, pasalnya nggak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Selain itu terdapat sebuah gapura pintu gerbang Gunung Kidul yang megah semakin memudahkan anda menemukan lokasi wisata ini.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke lokasi, anda harus menempuh perjalanan dari pusat kota sekitar 16 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan motor serta mobil. Bukit yang ngehits ini lokasinya sangat strategi dan mudah ditemukan karena berada di perbatasan antara kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul, dengan rute yang mudah pula.

Traveler memulai perjalanan menggunakan mobil atau motor dimulai dari kota Yogyakarta kemudian ambil arah menuju Wonosari yang berada di bagian Timur kota Jogja, setelah itu jalan lurus terus mengikuti jalur utama Wonosari hingga beberapa puluh kilometer maka sobat akan sampai di lokasi yang dituju.

Lokasi bukit ini berada di dataran tinggi maka dari itu pastikan mesin kendaraan anda dalam kondisi fit agar mampu menaklukkan medan yang menanjak dan berliku.

Lokasi bukit bintang ini juga berdekatan dengan banyak sekali destinasi alam lainnya sehingga jika anda ingin berwisata lain bisa langsung mampir saat menuju jalan pulang arah kota Yogyakarta.

Di pinggir jalan sepanjang perjalanan mata anda akan disuguhkan pemandangan alam yang mempesona mulai dari jejeran pantai nan indah, taman bunga serta masih banyak lagi tempat wisata keren lainnya.

Harga Tiket Bukit Bintang Jogja

Salah satu kelebihan wisata alam bukit bintang adalah tidak memungut tiket masuk sama sekali alias gratis. Jadi buat anda yang datang dari manapun, anda bisa menikmati keindahan alam bukit ini sepuasnya tanpa harus memikirkan biaya yang harus anda keluarkan.  Namun buat anda yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang perlu anda bayar, sebab tiket parkirnya juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan buat anda yang membawa kendaraan roda empat atau mobil hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

Selain itu buat anda yang ingin duduk – duduk di warung sambil minum kopi atau makan mie instan harus membayar jajan yang anda makan dengan harga yang tidak kalah murahnya.

Pesona Keindahan Bukit Bintang yang Memukau

Ingin menyaksikan keindahan malam di kota Jogja dari ketinggian? Silahkan datang dan kunjungi bukit nan fenomenal ini . Dari atas ketinggian akan terlihat gemerlap lampu kota yang menawan dan romantis.

Pada Siang Hari

Bukit Bintang Siang Hari via IG @riri_setiowati

Suasana Siang Hari via IG @riri_setiowati

Pemandangan di siang hari dari atas bukit ini juga tidak kalah indahnya, akan terlihat pemandangan alam dengan pepohonan nan hijau serta jejeran perbukitan nan mempesona. Jika anda mengunjungi kota Jogja memang belum lengkap rasanya jika belum mampir ke bukit bintang yang terdapat di kabupaten Gunungkidul.

Keindahan panorama alam di sekitar bukit bintang memang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, tidak heran jika ada banyak sekali pengunjung yang datang. Pengunjung sendiri lebih didominasi oleh para muda – mudi.

Sebab mereka ingin merasakan sendiri keromantisan tempat ini. Selain itu di bukit bintang ada banyak sekali lokasi spot foto yang menarik muda – mudi mengambil gambar dari tempat ini, kemudian menguploadnya di instagram.

Lokasi bukit bintang ini sendiri sangat strategis dan mudah dijangkau. Bukit bintang berada di tepi pegunungan seribu yang berhadapan langsung dengan kota Jogja serta berada di jalur utama wisata di kawasan Jogja.

Menyaksikan Sunset atau Sunrise yang Amazing!

Menyaksikan Sunset yang Amazing

Menyaksikan Sunset yang Amazing via Istimewa

Bukit bintang akan sangat ramai saat pagi dan sore hari, dimana para pengunjung yang datang asik berkumpul dan bersenda gurau sambil menunggu sunset. Keindahan sunset dari tempat ini akan sangat terlihat dan tampak begitu cantik. Dimana lagi anda bisa menyaksikan keromantisan sunset senja jika bukan di bukit bintang.

Anda akan menyaksikan langit sore yang eksotis dari ketinggian. Selain itu keindahan matahari terbitnya juga tidak kalah indahnya.

Anda akan melihat hamparan kabut putih menutupi lembah dan perlahan menghilang seiring dengan naiknya mentari pagi, seolah anda sedang menyaksikan sunrise dari atas awan, bahkan banyak yang menyebut bukit bintang sebagai negeri atas awannya Jogja.

Momen – momen indah ini akan semakin sempurna jika dinikmati bersama pasangan. Selain itu mengabadikannya menggunakan kamera dan dari sudut pengambilan gambar yang pas akan menghasilkan foto yang instagramable.

Meski awalnya keberadaan bukit bintang ini belum begitu menarik perhatian masyarakat, karena letaknya di tepi kota. Namun seiring berjalannya waktu banyak warga yang mulai bosan dengan hiruk pikuk kota yang selalu bising membuat mereka mulai menepi dan mencari ketenangan dengan melihat pemandangan alam yang damai.

Malam Hari yang Memukau

Suasana Malam Hari

Suasana Malam Hari

Ketika matahari telah menghilang dan berganti dari siang menjadi malam bukan berarti keindahan bukit bintang akan berakhir, justru keindahan malamnya selalu ditunggu – tunggu.

Dari ketinggian bukit akan terlihat pesona malam kota Jogja yang mengagumkan, terlihat ribuan lampu kota atau lampu dari rumah – rumah penduduk yang bersinar terang jika dilihat dari kejauhan seolah seperti ribuan bintang yang menawan.

Selain itu anda juga bisa menyaksikan ribuan bintang di langit yang berkelip indah, itulah mengapa bukit ini disebut sebagai bukit bintang , dimana lokasinya paling sempurna untuk menyaksikan bintang di langit serta bintang di bumi pada malam hari. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang khusus untuk menyaksikan suasana malam dari atas bukit bintang yang romantis ini.

Dinner yang Romantis Abis via IG @themanglung

Dinner yang Romantis Abis via IG @themanglung

Menimbang dari keindahan alam dan keindahan bukit bintang ini sendiri membuat pemerintah Gunungkidul melakukan berbagai perbaikan untuk memajukan lokasi wisata ini, dengan dibangunnya sebuah taman mungil yang didesain rapi dan indah serta kawasan rest area di kawasan wisata bukit bintang ini.

Dengan begitu buat anda yang sedang melakukan perjalanan jauh menuju suatu lokasi dan melewati tempat ini bisa singgah sebentar untuk menghilangkan kepenatan sambil menyaksikan keindahan bukit bintang.

 

 

Tips ke Malioboro dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan - pejalan.id

Tips ke Malioboro dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

 

Jarak dari Stasiun Tugu dan Lempunyangan sebenarnya hanya sekitar 500 meter. Dari Stasiun Tugu ke Jalan Malioboro, hanya sekitar 100 meteran. Jika Anda tidak diburu waktu, bisa berjalan kaki melalui pintu belakang Stasiun Tugu yang berhadapan dengan Pasar Kembang.

Namun, jika Anda ragu untuk berjalan kaki, mungkin karena takut kesasar atau hal lainnya, alternatifnya bisa memanfaatkan jasa becak atau andong. Jika Anda bepergian sendiri atau berdua, Anda bisa menyewa becak, tapi jika Anda bersama rombongan, mungkin berempat atau berlima, Anda bisa menyewa Andong Malioboro.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi dari gadget sebagai penunjuk jalan. Akan tetapi jika Anda awam dengan aplikasi-aplikasi tersebut, atau mungkin gadget Anda kehabisan batrei, maka Anda bisa menyimak cara ke Malioboro dari Stasiun Tugu atau Lempuyangan berikut ini.

Adapun tarif rata-rata dari masing masin stasiun, jika belum ada perubahan harga, seperti berikut :

Berangkat dari Stasiun Tugu ke Malioboro

  • Naik Becak biasanya Rp 10.000
  • Naik Andong biasanya Rp 20.000

Jika Anda mengambil rute ini, maka rute ini dari depan atau belakang Stasiun Tugu, kendaraan harus jalan satu arah (memutar).

Berangkat dari Stasiun Lempuyangan ke Malioboro

  • Naik Becak biasanya Rp 10.000
  • Naik Andong biasanya Rp 20.000

Rute dari Stasiun Lempuyangan jaraknya lebih jauh dibandingkan dari rute Stasiun Tugu. Jika ditarik garis lurus, jaraknya sekitar 500 meteran.

Sesampainya di Malioboro, Anda akan melihat banyak pedagang yang menjajakan barang-barang khas etnik Jogja. Di pasar ini Anda bisa menawar harga setiap barang.