fbpx

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Yang Terkenal

Oleh-oleh sudah menjadi budaya tentengan  yang harus dibawa pulang bagi traveler Indonesia. berpergian kemana pun, tentu oleh-oleh merupakan barang yang ditunggu keluarga, kerabat, maupun teman-teman. Nah, jika traveler lagi berada di Yogya mak berikut ini rekomendasi oleh-oleh yang terkenal dari kota Pelajar tersebut :

  • Bakpia
Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia
Oleh-oleh Khas Jogja : Bakpia

 

Traveler pasti sudah kenal dengan bakpia kan? Benar sekali, bakpia merupakan jenis kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau yang dimasak dengan cara dipanggang. Bakpia juga erat hubungannya dengan budaya Tionghoa.

Jaman dahulu, bakpia diisi dengan cincangan daging babi, akan tetapi karena pengaruh Islam yang masuk ke Jawa, maka isi bakpia kemudian diganti dengan kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

Salah satu nama bakpia yang terkenal adalah Bakpia Pathok. Bakpia ini berasal dari daerah Pathuk, Jogja. Bentuk bakpia ini bulat kecil-kecil denagn isi kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

Namun, saat ini Anda dapat menemukan olahan makanan oleh-oleh khas Jogja ini dalam berbagai warna dan varian rasa. Hal itu dilakukan guna menarik perhatian pembeli. Anda bisa membeli bakpia dengan rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam, susu, kopi, dan berbagai varian rasa lainnya.

Bakpia ini dijual dengan kisaran harga 28 ribu rupiah hingga 38 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Banyak yang menjajakan bakpia ini, jadi Anda tidak akan bingnug akan membeli bakpia di mana. Namun bila Anda belum tahu juga di mana tempat untuk membeli bakpia, untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

Alamat : Jl. Glagahsari No. 91C, Yogyakarta | Telp. (0274) 380502

  • Yangko
Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko
Oleh-oleh Khas Jogja : Yangko

Jika dibandingkan dengan bakpia, nama Yangko masih kurang populer dan jarang didengar sebagai oleh-oleh kahs Jogja. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Yangko? Yangko merupakan jajanan yang hampir mirip dengan kue moci, makanan kecil ini terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang cincang.

Yangko memiliki rasa yang lembut, kenyal, dan manis yang siap menggoyang lidah Anda. Jajanan yang satu ini juga salah satu makanan oleh oleh yang banyak digemari oleh wisatawan. Pastinya rasa yangko ini tidak kalah oleh rasa bakpia.

Tempat terbaik untuk menemukan Yangko adalah di kawasan Kotagede, karena dari sinilah jajanan Yangko ini bermula. Kue Yangko ini dijual dalam harga yang variatif, berkisar 8 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per kotaknya (harga bisa berubah). Untuk memudahkan Anda, bisa mengikuti petunjuk ini :

Alamat : Jl. Pramuka No.82, Yogyakarta | Telp. (0274) 380757

  • Cokelat Monggo
Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo
Oleh-oleh Khas Jogja : Cokelat Monggo

Oleh-oleh khas jogja yang satu ini, sekarang banyak dicari oleh para wisatawan. Dan menariknya lagi, rasa Cokelat Monggo ini hampir sama dengan rasa coklat belgia yang teksturnya lembut. Dengan kata lain, membeli Cokelat Monggo, Anda tidak perlu ke belgia untuk merasakan sensasi nikmat coklat Belgia.

Anda bisa pergi ke showroom & factory di mana Cokelat Monggo ini diolah, yaitu di daerah Kotagede. Di tempat tersebut Anda juga bisa membelinya, walaupun saat ini Cokelat Monggo mudah ditemukan diberbagai tempat oleh-oleh yang ada di Jogjakarta.

Saat ini, Cokelat Monggo telah berkembang dan membuka cabang, dengan hampir 150 staf yang tersebar diberbagai kantor di Jogja, Jakarta, dan Surabaya. Meski demikian, produksi utama cokelat Monggo tetap berada di Kotagede Jogjakarta. Berikut alamat showroom & factory Cokelat Monggo.

Alamat : Jl. Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede, Yogyakarta | Telp. (0274) 7102202

  • Geplak
Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak
Oleh-oleh Khas Jogja : Geplak

Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang bercitarasa manis, termasuk untuk jajanan yang satu ini, geplak. Geplak merupakan jajanan khas Bantul, sebuah kabupaten di Jogja yang dijuluki pula sebagai Kota Geplak. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis, gula, dan tepung beras atau bisa juga tepung ketan.

Saat ini, geplak telah dimodifikasi sehingga tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna cerah yang menggoda. Di Bantul, Anda dapat menemukan Geplak pada sebuah toko yang juga merupakan produsen geplak, bernama Toko Geplak Jago, yang letaknya di Jln. Wachid Hasyim, Bantul.

Di sepanjang jalan tersebut, juga ada Toko Geplak Mbok Tumpuk. Pada umumnya, Geplak dijual dalam kisaran harga 16 ribu rupiah per kg, tatapi tentu saja harga bisa berubah, apalagi disaat musim liburan, Lebaran, atau pun pengaruh dari harga dolar.

Alamat : Jl. Wachid Hasyim No. 28, Yogyakarta | Telp. (0274) 367727

  • Kain Batik
Oleh-oleh Khas Jogja : Batik
Oleh-oleh Khas Jogja : Batik

Siapa yang tidak mengenal batik, jogja dan batik bisa dikatakan memiliki hubungan yang bisa dikatakan erat kaitannya. Pasar Beringharjo menjadi tempat favorit untuk mendapatkan oleh-oleh khas Yogyakarta, termasuk batik. Sebenarnya tidak hanya batik, di pasar tersebut juga terdapat berbagai barang menarik dan unik lainnya yang dapat Anda jadikan oleh-oleh.

Secara umum, harga batik yang ditawarkan di pasar tersebut relatif cukup murah. Akan tetapi ada baiknya jika Anda perlu memiliki kemampuan menawar harga untuk mendapatkan batik atau barang yang disukai lainnya dengan harga terjangkau, bisa Anda simak di tips belanja murah. Untuk bisa memilih aneka ragam batik, silahkan ke alamat berikut ini :

Alamat : Jl. Pabringan 1, Yogyakarta | Telp. (0274) 515871

  • Kaos Dagadu
Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu
Oleh-oleh Khas Jogja : Kaos Dagadu

Kaos khas jogja ini merupakan kaos yang identik dengan kata-kata plesetan khas jogja yang membuat Anda tertawa jika membaca tulisan yang terdapat pada kaos tersebut. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti ‘matamu’.

Hal itu semakin jelas terlihat pada logo kaos yang berbentuk gambar sebuah mata. Dagadu merupakan brand kaos yang telah menjadi bagian identitas wisata Jogja. Saat ini, Anda dapat menjumpai kaos Dagadu dibanyak tempat, baik itu di pasar maupun emperan jalan.

Untuk tempat pembelian, Anda bisa menemukan kaos Dagadu ini di Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan di daerah Pakuningratan. Saat ini terdapat banyak sekali kaos abal-abal yang mencatut nama Dagadu. Agar tak tertipu, sebaiknya Anda membeli di ke-tiga tempat tersebut.

Gerai utama Dagadu dapat Anda jumpai di Unit Gawat Dagadu (UGD) yang berlokasi di Jalan Pakuningratan, dekat Tugu. Di tempat tersebutlah berbagai kaos dagadu dalam varian kreatif dibuat dan diciptakan hingga menjadi bagian oleh-oleh khas Jogja yang menarik hati.

Alamat : Jl. Ikip Pgri Sonopakis 50, Karangwaru , Tegalrejo, Yogyakarta | Telp. (0274) 373493

Tentang: Tim Pejalan
Admin Pejalan

Comments

@peepso_user_6(Jatmiko Wahyu)
Kalo ada yg lagi ngelancong ke yogya, boleh nih dibungkusin